Brosur PPDB2024

Tim Riset MAN 2 Kebumen Raih Gold Medal dan Favorit Poster di Mandalika Essay Competition 4

Kebumen - Tim Riset dari Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kebumen sukses meraih medali emas dan favorit poster di ajang Mandalika Essay Competition(MEC) ke-4 yang diselenggarakan oleh komunitas Nusantara Muda di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Adapun tim riset terdiri dari Mochammad Fajar Nugroho, Ulinnuha Satnav Rabbani, Danil Davendra Rifka Kautsar, dan Ni Dea Yekti Utami.


MEC 4 merupakan kompetisi esai tingkat nasional yang diikuti oleh 1100 peserta berasal dari SMA/SMK/MA/Sederajat dan Universitas dari seluruh Indonesia. Ajang bergensi tersebut mengangkat tema “Kreativitas Generasi Muda Dalam Pemanfaatan Teknologi dan Inovasi untuk Indonesia Lebih Maju”, dengan sembilan sub tema, yaitu: Teknologi, Pendidikan, Sosial Ekonomi, Hukum dan Politik, Pariwisata dan Budaya, Pertanian, Pangan, Lingkungan, dan Kesehatan.


Ni Dea Yekti Utami, salah satu peserta yang merupakan siswa dari Kelas XI MIPA 1 MAN 2 Kebumen, menyampaikan kompetisi tersebut berlangsung selama tiga hari, yakni 2 sampai 4 Maret 2024. Perlombaan pertama diawali dengan presentasi esai, kemudian Field Trip selama dua hari dengan tujuan Kota Mataram, Kuta Mandalika, Sirkuit Mandalika, Gili Trawangan, Pusat Oleh-Oleh, Bukit Merese, Islamic Center, dan Tanjung AAN.


"Jadi untuk SMA sendiri yang masuk finalis ada 20 dari setiap bidangnya. Dari seluruh total 180 peserta finalis, namun hanya 60 tim yang berangkat," jelas Siswi yang akrab disapa Dea itu.


Dea mengatakan, diajang ini, Timnya memilih subtema Lingkungan dengan judul esai CEBI atau Carambola And Bovine Feces Energy Innovation, Inovasi Energi Alternatif Berbasis Belimbing (Averroa Carambola) dan Feses Sapi sebagai Upaya Mewujudkan Indonesia Net Zero Emission 2050. Menurutnya, dipilihnya tema ini karna Indonesia saat ini sedang dipermasalahkan dengan pemanasan global yang disebabkan oleh gas rumah kaca.


"Esai bertujuan untuk mengurangi emisi dan berkontribusi terhadap target Indonesia mewujudkan Indonesia Net Zerro Emission 2050 yang berfokus terhadap permasalahan pemanasan global,” imbuhnya.


Sedangkan untuk mengikuti MEC 4 ini, tim dari MAN 2 Kebumen mempersiapkan diri kurang lebih 2 sampai 3 bulan. Selama waktu tersebut, seluruh tim berlatih presentasi, melakukan percobaan dan konsultasi dengan guru pembimbing.


Sementara itu, Guru Pembimbing Kartina Dati, S.Pd.Si., M.Sc. yang sekaligus salah satu guru biologi di MAN 2 Kebumen mengaku sangat bangga dengan prestasi yang diraih anak didiknya. Ia berharap ini bisa diterus ditingkatkan dan memotivasi siswa lainya.


"Alhamdulilah kami tentu bangga dengan prestasi peserta didik diajang ini. Ini sesuai ekspektasi, karena dari awal mereka sangat semangat untuk latian kemudian dari penulisan esainya juga semangat sekali, pada saat presentasi poster itu juga sangat luar biasa," ucapnya. (An)

Post a Comment

Terimakasih berkenan untuk memberikan komentar pada tulisan ini. Mohon hargai sesama dan gunakan bahasa serta penulisan yang baik dan sopan. Beberapa komentar menunggu moderasi terlebih dahulu untuk dapat ditayangkan secara publik. ... salam hormat!

أحدث أقدم