Excellence Class Outdoor Learning #2

Pada hari Kamis, 12 Desember 2013 kelas X dan XI program excellence MAN Kebumen 2 mengikuti kegiatan pembelajaran outdoor yang kedua. Kegiataannya berupa kunjungan ke industri kecil pembuatan oleh-oleh makanan ringan "Al Hayat" yang bertempat di Desa Tepakiyang Kecamatan Adimulyo Kabupaten Kebumen. Rombongan menuju lokasi menggunakan dua minibus dan dua buah mobil dengan disertai 13 guru pembimbing.




Selain sebagai program pembelajaran dalam rangka menumbuhkan minat wirausaha, kegiatan ini juga sebagai rekreasi usai pelaksanaan UAS gasal bagi kelas program excellence tersebut. Dalam kunjungan tersebut siswa dajak melihat-lihat dan mencari informasi tentang industri oleh-oleh makanan ringan.

Industri rumah tangga makanan ringan  "Al Hayat" adalah sebuah usaha kecil rumahan yang dimulai baru sekitar satu tahun namun saat ini sudah nampak perkembangannya. Produk industri ini berupa aneka oleh-oleh makanan ringan seperti sale pisang, kripik tempe, kripik berbagai macam buah-buahan seperti salak, mangga, pepaya dan lain-lain. Meskipun diproduksi di Kebumen namun pemasaran produk-produknya tidak di wilayah kebumen tetapi di kota-kota besar seperti Jakarta, Yogyakarta, Semarang, Surabaya bahkan hingga ke luar pulau jawa yaitu ke Bali dan Sumatra.

Seperti pada kegiatan outdoor yang sebelumnya, siswa juga tampak antusias meski cuaca mendung dan sesekali turun gerimis dan hujan, bahkan beberapa siswa ikut membantu mengupas mangga yang akan dibuat kripik. Usai dari kunjungan, kegiatan dilanjutkan menuju ke tempat pelelangan ikan Jetis di dekat pantai Logending Kecamatan Ayah Kebumen. (afn)

Foto:



Lebih baru Lebih lama

Chat Via Whatsapp

(Hanya Pada Jam Kerja)