Brosur PPDB2024

MAN 2 Kebumen Raih Juara III Olimpiade Sejarah Nasional 2023

Muhammad Agung Prasetyo (tengah) saat menerima penghargaan

Semarang – Olimpiade Sejarah dan Esai Sejarah Nasional (OSEAN) tahun 2023 telah usai dilaksanakan. Event tingkat nasional yang diikuti oleh siswa-siswi SMA/MA/SMK/MAK/sederajat ini, merupakan rangkaian kegiatan dari acara Bulan Pahlawan yang diadakan secara rutin setiap tahunnya mulai dari tahun 2011 oleh Himpunan Mahasiswa Sejarah UNNES. Di tahun ini, kejuaraan OSEAN telah diumumkan.


Peserta didik dari MAN 2 Kebumen berhasil meraih Juara III dalam ajang tersebut. Muhammad Agung Prasetyo, peserta didik kelas XI IPS 4, naik ke podium untuk menerima penghargaan setelah bersaing ketat dengan 141 siswa se-Indonesia. MAN 2 Kebumen dalam kompetisi ini sebetulnya mengirimkan 3 peserta didiknya dan semuanya lolos dalam babak penyisihan kedua. Tetapi yang sampai babak final hanya 1 peserta didik.


Najib Hudaya, S.Pd., selaku guru pembimbing, menyatakan bahwa seleksi untuk masuk ke babak final cukup ketat. “Penyisihan babak I itu tanggal 30 September, diikuti oleh 141 peserta didik dari SMA/SMK/MA/Sederajat nasional. Kita dari MAN 2 Kebumen mengirimkan 3 wakil. Seleksi dilaksanakan secara online di sekolah masing-masing. Dari sini, diambil 50 besar yang akan bersaing di babak II di Kampus UNNES. Alhamdulillah MAN 2 lolos ke babak II,” tutur Najib saat diwawancarai tim media, Selasa (17/10/23).


“Di Kampus UNNES dilaksanakan seleksi babak II secara offline tanggal 14 Oktober kemarin. Peserta didik mengerjakan soal yang disediakan panitia. Diambil 5 besar untuk menuju babak final. Alhamdulillah MAN 2 masuk final meski hanya satu anak, yakni Agung. Lalu diambil 3 lagi untuk masuk grandfinal. Alhamdulillah Agung meraih juara III,” pungkas Najib.


Menanggapi kejuaraan tersebut, Drs. Warsam, M.Pd., Kepala MAN 2 Kebumen, merasa bangga dan memberi apresiasi tinggi. Meski hanya juara III, setidaknya mampu mengharumkan nama madrasah di kancah nasional.


“Kami dari madrasah menyampaikan ucapan selamat atas prestasi yang telah diraih. Terimakasih dan apresiasi kepada peserta dan pembimbingnya, karena dibelakang peserta didik yang berprestasi pasti ada guru pembimbing yang hebat,” sambut Warsam.


Tidak lupa, pihaknya juga turut berpesan kepada peserta didik MAN 2 Kebumen untuk terus mengukir prestasi gemilang.  “Teruslah berprestasi agar menjadi orang hebat, untuk menunjang masa depan kalian,” tandasnya. (Anas)

Post a Comment

Terimakasih berkenan untuk memberikan komentar pada tulisan ini. Mohon hargai sesama dan gunakan bahasa serta penulisan yang baik dan sopan. Beberapa komentar menunggu moderasi terlebih dahulu untuk dapat ditayangkan secara publik. ... salam hormat!

أحدث أقدم