Tutorial Cara Mengecilkan Ukuran Gambar Menggunakan Microsoft Office Picture Manager

Untuk keperluan web atau blog jika kita menggunakan gambar maka disarankan untuk menggunakan gambar yang berukuran kecil. Kalau saya sendiri biasanya saya tetapkan ukuran gambar harus kurang dari 100 KB, bahkan mungkin maksimal ukuran gambarnya adalah antara 50 - 60 KB. Mengapa disarankan demikian?


Mengapa untuk gambar web disarankan yang berukuran kecil?

Ukuran gambar mempengaruhi waktu tayang atau waktu load sebuah laman web. Semakin cepat waktu tayang laman sebuah web maka akan semakin bagus. Efek lanjutannya adalah dapat meningkatkan rangking (pagerank) web kita sehingga disukai mesin pencari misalkan Google. Sebaliknya jika waktu tayang suatu laman semakin lama, maka pengunjung web cenderung akan bosan dan tidak suka sehingga dimungkinkan akan langsung menutup laman tersebut. Selain itu waktu tayang yang lama juga tidak disukai oleh mesin pencari


Bagaimana cara memperkecil ukuran gambar?

Beragam cara yang dapat kita lakukan untuk memperkecil ukuran gambar baik secara offline ataupun online. Sesuai judul pada tulisan ini saya akan menunjukkan bagaimana cara memperkecil ukuran gambar secara offline menggunakan fitur bawaan Microsoft Office yaitu Microsoft Office Picture Manager. Microsoft office picture manager diantaranya ada dalam bundle Microsoft Office 2010 dan 2007. Pada Office 2013 ke atas, fitur ini sudah tidak disertakan lagi, meskipun kita bisa menginstallnya secara terpisah. Baca tulisannya di artikel: Di Mana Letak Picture Manager?.


Berikut ini adalah cara memperkecil ukuran gambar menggunakan Microsoft Office Picture Manager:


  1.  Pilihlah gambar yang ukurannya akan dikecilkan
  2. MAN Terbaik di Kebumen

  3.  Buka gambar tersebut menggunakan Microsoft Office Picture Manager, atau bisa juga langsung klik kanan pada gambar tersebut kemudian klik Open with dan pilih Microsoft Office 2010 (saya menggunakan ini)
  4. MAN Terbaik di Kebumen

  5.  Selanjutnya klik Edit Picture pada toolbar, sehingga akan tampil taskpane dibagian kanan jendela. Untuk memperkecil ukuran gambar kita bisa menggunakan pilihan Resize atau Compress Pictures, pada tutorial ini saya akan menggunakan Compress Pictures
  6. MAN Terbaik di Kebumen

  7.  Terdapat empat pilihan untu menu Compress Picture yaitu: Don't compress, Documents, Web pages dan E-mail messages silakan pilih salah satu dan jangan lupa untuk melihat ukuran hasil kompresinya pada bagian bawah. Jika sudah sesuai klik OK
  8. MAN Terbaik di Kebumen

Demikian cara memperkecil ukuran gambar untuk tujuan upload ke web. Cara memperkecil secara online bisa menggunakan situs seperti iloveimg.com , tinyjpg.com dan sebagainya. Semoga bermanfaat, kalian juga bisa menyumbang tulisan untuk blog ini, silakan kirimkan saja melalui email yang sudah saya cantumkan di menu Temukan Kami.


Tulisan ini ditulis oleh Ahmad Fata untuk dipublikasikan di blog ahmadfata.blogspot.com dan man2kebumen.sch.id

Post a Comment

Terimakasih berkenan untuk memberikan komentar pada tulisan ini. Mohon hargai sesama dan gunakan bahasa serta penulisan yang baik dan sopan. Beberapa komentar menunggu moderasi terlebih dahulu untuk dapat ditayangkan secara publik. ... salam hormat!

Lebih baru Lebih lama