Tutorial Sortir Atau Mengurutkan Data Pada Google Spreadsheet

Bagi saya, emejingnya penggunaan Google Spreadsheet adalah saya dapat berkolaborasi dalam mengolah data menggunakan aplikasi spreadsheet. Itu adalah hal yang belum saya dapatkan dengan mudah saat mengolah data menggunakan Office Excel (engga tau untuk versi Office 365 online nya, tapi untuk saat tulisan ini saya buat sepertinya masih belum bisa). Meski, mungkin Office Excel masih lebih powerfull dibanding Google Spreadsheet.


Fungsi Sort MA Terbaik di Jateng


Hal yang saya sukai lainnya dari Google Spreadsheet adalah saya cukup membutuhkan koneksi internet untuk bekerja dengannya, tak perlu flashdisk atau tak perlu membawa media penyimpanan. Meski, itu juga menjadi masalah jika ngepasi saya lagi misqueen kuota dan tak ada waifi.


Fungsi Sort Google Spreadheet is Emejing

Once upon a time in China ... (kayak movienya Wong Fei Hung saja yah). Dahulu untuk menyortir data saya menggunakan cara filter trus sort ascending ataupun descending. Cara lainnya adalah blok dulu data yang mau disortir, kemudian klik sort data bla..bla..bla.. Nah, itu dulu (meski terkadang juga masih saya gunakan).


Struktur Rumus Fungsi Sort

Sintaks Fungsi Sort:
SORT(range, sort_column, is_ascending, [sort_column2, …], [is_ascending2, …])


Penjelasan rumus:

range adalah range data yang hendak diurutkan
Sort_column adalah nomor kolom dari kiri ke kanan data yang hendak diurutkan
is_ascending nilainya adalah 1 dan 0 dimana 0 (descending / menaik) dan 1 (ascending / menurun)

Langkah-langkah penggunaan rumus

Berikut adalah urutan langkah menggunakan fungsi sort Google Spreadsheet:

  1.  Siapkan dulu datanya. Pada tutorial ini saya sudah menyiapkan dua sheet yaitu sheet "Data" dan sheet "Sort"
  2. Fungsi Sort MA Terbaik di Jateng

  3.  Opsional, kita bisa memberi nama range yang berisi data yang akan kita sort. Misal range A2:E12 saya beri nama "Data". Caranya blok dulu range A2:E12 kemudian klik menu Data > Named Ranges selanjutnya beri nama range tersebut
  4. Fungsi Sort MA Terbaik di Jateng

    Fungsi Sort MA Terbaik di Jateng

    Fungsi Sort MA Terbaik di Jateng

  5.  Perhatikan pada range data di atas, dari kiri ke kanan NIS adalah kolom no 1 dan seterusnya sehingga JK adalah nomor 5. Misalkan kita hendak mengurutkan kolom JK (kolom no 5) dari kecil ke besar (A ke Z atau ascending alias menaik) dan kolom NISN (kolom no 2) diurutkan dari besar ke kecil (Z ke A atau descending alias menurun), maka pada sheet Sort dan cell A2 ketikkanlah rumus =sort(Data,5,1,2,0)
  6. Fungsi Sort MA Terbaik di Jateng

  7.  Selesai, perhatikan data pada kolom JK sudah terurutkan dari A ke Z sedangkan data pada kolom NISN sudah terurutkan dari besar ke kecil
  8. Fungsi Sort MA Terbaik di Jateng


Jika ingin menambahkan kolom lainnya dalam pengurutan da tinggal tambahkan saja pada rumus tersebut ...,[no kolom],[nilai 1 atau 0], .... ingat tanpa tanda [...] nya ya.


Demikian semoga bermanfaat, dan boleh dong kasih komentar, like sama subscribe untuk channel kami tercinta MAN 2 Kebumen Channel.


Tulisan ini ditulis oleh Ahmad Fata untuk dipublikasikan di blog ahmadfata.blogspot.com dan man2kebumen.sch.id

Post a Comment

Terimakasih berkenan untuk memberikan komentar pada tulisan ini. Mohon hargai sesama dan gunakan bahasa serta penulisan yang baik dan sopan. Beberapa komentar menunggu moderasi terlebih dahulu untuk dapat ditayangkan secara publik. ... salam hormat!

Lebih baru Lebih lama

Chat Via Whatsapp

(Hanya Pada Jam Kerja)