Konsolidasi Kelas X MAN 2 Kebumen : Tetap Semangat Untuk Belajar dan Berprestasi

konsolidasi MAN 2 Kebumen

Di awal tahun 2020 dengan merebaknya pandemi global COVID 19 yang menjangkit mayoritas negara di belahan dunia termasuk Indonesia. Virus ini dianggap serius karena berkembangnya sangat cepat, sehingga dapat menyebabkan infeksi lebih parah dan gagal organ sehingga orang dengan masalah kesehatan sebelumya lebih cepat mengalami kondisi darurat ketika terpapar virus ini. Mayoritas kegiatan di beberapa lembaga baik formal maupun non formal, baik lembaga komersil maupun jasa dirumahkan, tak terkecuali lembaga pendidikan. Langkah ini ditempuh untuk menghindari kerumunan yang merupakan salah satu penyebab utama penyebarannya.


Kebijakan ini juga otomatis dirasakan oleh semua civitas akademi MAN 2 Kebumen. Semua kegiatan pembelajaran tatap muka beralih dengan pembelajaran daring atau pembelajaran jarak jauh. Serentak dirasakan oleh semua peserta didik di kelas X, XI, dan kelas XII . Tahun ajaran baru periode 2020/2021 pun dilaksanakan secara daring sehingga pembelajaran yang dirasakan peserta didik baru tidak dapat berjalan secara maksimal . Kegiatan awal tahun ajaran baru peserta didik baru kelas X yang biasanya diawali kegiatan Masa Orientasi Peserta Didik Baru ( MOPD) tidak dapat dilaksanakan. Kegiatan ini merupakan sebuah kegiatan yang umum dilaksanakan setiap awal tahun ajaran guna menyambut kedatangan para peserta didik baru, tidak dapat dilaksanakan secara tatap muka. Hal ini tentu saja menyebabkan banyak hambatan dalam pembelajaran daring, dengan pertimbangan tersebut melalui kegiatan konsolidasi ini diharapkan dapat menjawab kegundahan peserta didik baru yang belum mengenal secara dekat tentang profil MAN 2 Kebumen.


Mengacu pada Permendikbud nomor 18 tahun 2016, tujuan Masa Pengenalan Lingkungan madrasah atau Masa Orientasi Peserta Didik Baru adalah Mengenali potensi diri siswa baru, membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan madrasah dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana madrasah, menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai siswa baru, mengembangkan interaksi positif antarpeserta didik dan warga madrasah lainnya, menumbuhkan perilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong.


Berdasarkan hal tersebut, Kegiatan Konsolidasi kelas X jurusan IPA, IPS dan Agama diikuti oleh 354 peserta didik sebagai upaya pengenalan MAN 2 Kebumen. Kegiatan ini dilaksanakan secara estafet dari tanggal 8 – 20 Maret 2021 pukul 08.00 – 12.00 WIB. Kegiatan berupa perkenalan dengan guru mata pelajaran yang mengampu di kelas X, penerimaan tamu ambalan pramuka, sharing dengan wali kelas, guru BK,dan guru mata pelajaran, serta foto pembuatan KTA pramuka.


Kegiatan upacara penerimaan tamu ambalan merupakan wujud simbolik diterimanya peserta didik kelas X sebagai andik anggota pramanda gudep 71-72 MAN 2 Kebumen. Pernyataan ini disampaikan oleh Kepala Madrasah,  Bapak H. Wachid Adib, M.SI yang bertindak sebagai Pembina upacara, dilanjut penyematan tanda lotus dan pengisian buku SKU pramuka dilakukan di Aula MAN 2 Kebumen dengan menerapkan protokol kesehatan. Di sela-sela kegiatan diisi kretivitas berupa hiburan persembahan kakak kelas dan juga sharing pengalaman selama belajar di MAN 2 Kebumen. Kegiatan ini ditutup dengan pembagian kaos olah raga dan terakhir foto untuk pembuatan KTA pramuka. (Tim)

Post a Comment

Terimakasih berkenan untuk memberikan komentar pada tulisan ini. Mohon hargai sesama dan gunakan bahasa serta penulisan yang baik dan sopan. Beberapa komentar menunggu moderasi terlebih dahulu untuk dapat ditayangkan secara publik. ... salam hormat!

Lebih baru Lebih lama

Chat Via Whatsapp

(Hanya Pada Jam Kerja)