Brosur PPDB2024

Aplikasi Gratis Untuk Pembelajaran


(Sumber gambar: dokumen pribadi)

Di era pandemi yang memaksa pembelajaran sekolah dilaksanakan secara daring seperti saat ini kehadiran platform digital semacam ruangguru, quiziz, google classroom, bahkan grup WA sekalipun sangat diperlukan untuk menunjang keberhasilan proses pembelajaran. Namun adanya biaya yang harus dikeluarkan untuk beberapa aplikasi tersebut menjadi kendala tersendiri bagi para guru,orang tua, maupun murid. Sementara aplikasi yang gratis cenderung kurang lengkap dan menuntut guru untuk mengembangkan sendiri sehingga membutuhkan energi dan waktu ekstra untuk membuatnya.


Berawal dari keadaan tersebut Kodam IV/Diponegoro berinisiatif membuat aplikasi gratis namun memiliki konten yang lengkap. Oleh karena itu dibuatlah aplikasi Cerdas Anak Diponegoro untuk membantu para murid dan guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Aplikasi tersebut disosialisasikan dalam acara Sosialisasi ILMCI (I Love My Country Indonesia) yang diselenggarakan oleh Kodim 0709/Kebumen dalam rangka TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) non fisik. Hadir sebagai peserta adalah perwakilan guru SD, SMP, SMA dan MA di Kabupaten kebumen. Dari MAN 2 Kebumen yang hadir adalah Muslihudin, Muhamad Munji, Siti Istikomah, Dwi Jayati, dan Nurkhayati.


Aplikasi tersebut dapat di download secara gratis di Playstore dengan mengetik kodam4.ilmci.com. Di dalamnya terdapat banyak sekali fitur pembelajaran seperti buku elektronik, video pembelajaran, latihan soal atau try out, dan lain sebagainya. Semua sudah disediakan secara lengkap dan gratis. Demikain dipaparkan oleh Sofyan Tjandra sebagai pembicara utama sekaligus inisiator pembuatan aplikasi tersebut.


Baik pembicara maupun peserta tampak antusias mengikuti acara tersebut. Terbukti dengan suasana ramai dan meriah sepanjang berlangsungnya acara. Bahkan banyak peserta yang mengajukan pertanyaan untuk memperdalam pemahaman materi yang disampaikan. Acara yang berlangsung di hotel Mexolie tersebut berlangsung sekitar tiga jam dari pukul 13.00 sampai 16.00.

Post a Comment

Terimakasih berkenan untuk memberikan komentar pada tulisan ini. Mohon hargai sesama dan gunakan bahasa serta penulisan yang baik dan sopan. Beberapa komentar menunggu moderasi terlebih dahulu untuk dapat ditayangkan secara publik. ... salam hormat!

Lebih baru Lebih lama