Pembelajaran Outdoor Kelas Excellence X dan XI di Industri Sabut Kelapa LKP AKAS Kebumen



Pada hari Sabtu, 5 Oktober 2013 sekitar 50 lebih siswa-siswi program kelas exellence MAN Kebumen 2 tingkat X dan XI dengan pendampingan beberapa guru melakukan kunjungan ke industri pengrajin sabut kelapa LKP AKAS yang bertempat di desa Rantewringin Kecamatan Buluspesantren Kabupaten Kebumen. Kunjungan tersebut merupakan bentuk realisasi program pembelajaran di luar kelas (outdoor learning) program kelas excellence.
 
Foto bersama Bapak M. Darda dan istri, pendiri serta pemilik LKP AKAS
Kunjungan diterima oleh wakil direktur LKP AKAS dan istri pendiri LKP AKAS. Dalam sambutan penerimaannya beliau menjelaskan bahwa kegiatan usaha LKP AKAS adalah pada pengolahan sabut kelapa menjadi berbagai macam produk yang mempunyai nilai manfaat lebih. Selama ini mungkin kita mengenal produk berbahan sabut kelapa hanya berupa sapu, tali dan keset, namun ternyata masih banyak produk yang bernilai lebih tinggi yang dapat dibuat dari sabut kelapa.

Bapak Darda bisa pergi ke luar negeri dengan sabut kelapa

Beberapa peserta menunjukkan keherananannya bahwa ternyata sabut kelapa bisa dibuat menjadi pot polybag, filter pesawat, matras, serta berbagai macam tas dan topi. Peserta juga mengungkapkan rasa salut bahwa produk sabut kelapa kita sudah dikenal dan digunakan di berbagai negara seperti Korea, Jepang, Malaysia, Singapura, Australian dan Belanda lebih salut lagi karena satu-satunya pemegang lisensi produk sabut kelapa di dunia yaitu LKP AKAS adalah berasal dari kebumen.
 
Pada kegiatan tersebut peserta diajak berkeliling melihat-lihat proses pengolahan sabut kelapa dari awal hingga menjadi produk jadi. Beberapa peserta mengaku puas dan cukup terinspirasi dari kunjungan tersebut. Kunjungan diakhiri dengan acara pamitan yang diisi oleh bapak Darda selaku pendiri serta pemilik LKP AKAS. Dalam sambutannya beliau menceritakan bahwa industri pengolahan  sabut kelapa yang didirikannya sejak tahun 1997 tersebut merupakan  juara III pada lomba produk hijau tingkat nasional yang pernah diadakan sebelumnya.
(afn & emm)

Foto-foto: (foto-foto yang lain dapat dilihat di facebook)






Lebih baru Lebih lama

Chat Via Whatsapp

(Hanya Pada Jam Kerja)