Peringatan Maulid Nabi SAW dan Purna Bhakti Ibu Yuliani

(31/10/2020) Peringatan Maulid Nabi SAW setiap tahun diperingati, tetapi tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Tahun sebelumnya peringatan Maulid Nabi besar selalu diikuti oleh seluruh civitas akademis MAN 2 kebumen dengan jumlah peserta didik mencapai ribuan. Akan tetapi, tahun ini hanya diikuti oleh perwakilan dari seluruh kelas dengan aturan yang sangat ketat dengan menjaga jarak dan menggunakan masker serta tidak berjabat tangan antarsesama atau dengan bapak ibu guru.


Selain itu , peringatan tahun ini juga bersamaan dengan pelepasan purna tugas guru senior beliau Ibunda Hj. Yuliani Suryaningsih, S.Pd Guru Mata pelajaran Bahasa Indonesia. Beliau yang telah bertugas selama kurang lebih 32 tahun yang sebelumnya beliau juga pernah mengajar di masa MAN 2 masih sebagai PGA. Pengabdiannya di dunia pendidikan menjadi teladan bagi bapak ibu guru yang masih muda karena beliau sangat berdedikasi tinggi dan penuh semangat dalam membimbing peserta didik di MAN 2 Kebumen terbukti dengan sangat disiplin saat masuk kelas .


Acara berlansung sangat khitmad , dibuka dengan sambutan oleh Kepala Madrasah Bapak Drs. Wachid Adib, M.Si beliau menyampaikan hikmah maulid nabi besar Muhammmad SAW , bahwa Rasullullah SAW sangat mencintai Umatnya dikisahkan Rasullulah tidak akan masuk surga sebelum memastikan seluruh pengikutnya telah masuk ke surga, betapa kecintaan Rasullulah Saw terhadap umatnya sungguh menjadi rahmat bagi seluruh alam. Kita termasuk orang-yang beruntung karena kita tidak pernah bertemu Rasulullah SAW tetapi kita tergolong orang-orang yang insyaalah mendapat syafaatnya kelak. Beliau juga menyampaikan di masa pandemi ini peserta didik tetap semangat dalam mengembangkan potensi diri meski kegiatan pembelajaran melalui daring. Peserta didik diharapkan selalu menjalian silaturahmi dengan bapak ibu guru meski jarak jauh.


Peringatan tahun ini diisi tanpa hiburan hadroh atau sholawatan namun diisi dengan pidato tiga bahasa yaitu bahasa Arab, bahasa Inggris dan bahasa Indonesia oleh peserta didik ananda RSA. Hibatur Rochman kelas XI Agama, Nurul Laeli Mahmudah kelas XII Agama, dan Ihda Syukriya Fakhrunnisaa kelas XI IPA 1. Pesan yang mereka sampaikan adalah sebagai generasi millenal sudah seharusnya mengidolakan Rasululah Saw sebagai tuntunan dalam mencohtoh aklak yang benar jangan mengidolakan tokoh-tokoh seperti artis Holiwood, Boliwood ,artis K-Pop atau yang lainnya. Sebagai generasi millenial yang akan menjadi menerus perjuangan islam untuk tidak membuang-buang waktu dengan sibuk bermain medsos yang tidak perlu, bermain game apalagi sampai mengakses vitur pornografi. Mereka juga berpesan generasi muda yang unggul adalah pemuda yang taat dalam beribadah dan penuh ketaatan kepada Allah SWT dan Rasulullah SAW sehingga kelak akan mendapat jaminan surga. Diakhir acara ditutup dengan foto bersama keluarga besar MAN 2 Kebumen dengan beliau Ibunda Hj. Yulianai Suryaningsih, S.Pd. (Emmi)


Post a Comment

Terimakasih berkenan untuk memberikan komentar pada tulisan ini. Mohon hargai sesama dan gunakan bahasa serta penulisan yang baik dan sopan. Beberapa komentar menunggu moderasi terlebih dahulu untuk dapat ditayangkan secara publik. ... salam hormat!

Lebih baru Lebih lama

Chat Via Whatsapp

(Hanya Pada Jam Kerja)