Semarak HAB Kemenag Ke -75 di MAN 2 Kebumen

Menindak lanjuti surat edaran  Meteri Agama Republik Indonesia Nomor : 69 tahun 2020 tanggal 30 Desember 2020 tentang Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama RI ke-75 tahun 2021 yang mengusung tema “INDONESIA RUKUN”, di awal semester genap MAN 2 Kebumen melakukan kegiatan gerakan penghijauan di sekitar lingkungan madrasah dan lingkungan sekitar peserta didik dengan menanam beberapa tanaman berupa pohon dan tanaman hias. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh warga MAN 2 Kebumen sebagai wujud kepedulian terhadap kelestarian lingkungan.


Dimasa pandemi yang belum berakhir ini, pembelajaran meski masih melalui jarak jauh, tetapi perlu meningkatkan kesadaran pentingnya menjaga lingkungan agar lingkungan sehat terjaga. Menjaga lingkungan dengan menanam pohon bagi peserta didik juga perlu ditanamkan dengan tujuan agar kesadaran anak untuk melakukan penanaman pohon semakin tinggi sehingga sampai dewasa akan selalu menanam pohon dan merawat pohon dengan baik. Sudah sepantasnya kita memiliki kepedulian terhadap penghijauan yang ada disekitar kita. Terutama di era saat ini banyak sekali bencana alam yang disebabkan oleh ulah manusia. Selain melakukan penghijauan disekitar kampus MAN 2 Kebumen peserta didik dituntut untuk melakukan penghijauan disekitar rumah. Mereka diwajibkan untuk menanam sebuah pohon sebagai wujud peduli dan turut melestarikan lingkungan.


Selain kegiatan menanam pohon dilingkungan sekitar, peserta didik juga melaksanakan kegiatan khatam ALQuran dalam sehari. Alquran merupakan obat dari segala penyakit dan memliki banyak manfaat bagi kesehatan jasmani maupun rohani. Dan dimasa pandemi ini salah satu cara menjaga agar imunitas tetap baik adalah dengan membaca Alquran. Manfaat membaca Alquran bagi kesehatan, salah satunya dibuktikan oleh sebuah penelitian yang dilakukan di Klinik Besar Florida, Amerika Serikat. Sang peneliti yang bernama Dr Ahmed Al-Qadhi menyatakan, membaca atau memperdengarkan lantunan ayat suci Alquran saja sudah dapat memberikan perubahan fisiologis yang besar bagi tubuh manusia.


Fakta ilmiah tersebut juga dikuatkan dengan berbagai riset lain yang dilakukan di seluruh dunia mengenai manfaat membaca Alquran. Berikut manfaat membaca Alquran bagi kesehatan:

  1. Membaca Al-Qur’an terbukti efektif meredakan stres dan kecemasan.
  2. Manfaat langsung yang bisa dirasakan saat kita membaca Alquran adalah ketenangan jiwa. Sebuah studi di Universitas Salford, Inggris, membuktikan, orang-orang yang membaca dan melantunkan Alquran menjadi lebih rileks dan tenang dibanding mereka yang membaca buku biasa.

  3. Meningkatkan daya ingat dan mempertajam konsentrasi
  4. Orang yang rajin membaca Alquran terbukti memiliki daya ingat yang lebih baik. Selain itu, membaca Alquran, juga secara otomatis mampu membuat otak lebih fokus, sehingga lebih mudah untuk berkonsentrasi. Karenanya, sangat disarankan bagi peserta didik yang belajar dari rumah untuk membiasakan diri membaca Alquran selama 10 hingga 15 menit di pagi hari, agar lebih fokus mengikuti pembelajaran jarak jauh (daring).


    Dalam surat Al-Isra’ ayat 82, Allah Swt berfirman:


    وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْآنِ مَا هُوَ شِفَاء وَرَحْمَةٌ لِّلْمُؤْمِنِينَ


    “dan Kami turunkan dari Al Quran suatu yang menjadi obat penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman”.


    Dengan kegiatan membaca alquran ini diharapkan peserta didik MAN 2 Kebumen lebih bersemangat, lebih sehat lahir batin, dan siap menggapai prestasi dalam mengikuti kegiatan pembelajaran jarak jauh d semester Genap ini.  (Emmi K)


    Galeri Foto


3 Komentar

Terimakasih berkenan untuk memberikan komentar pada tulisan ini. Mohon hargai sesama dan gunakan bahasa serta penulisan yang baik dan sopan. Beberapa komentar menunggu moderasi terlebih dahulu untuk dapat ditayangkan secara publik. ... salam hormat!

Posting Komentar

Terimakasih berkenan untuk memberikan komentar pada tulisan ini. Mohon hargai sesama dan gunakan bahasa serta penulisan yang baik dan sopan. Beberapa komentar menunggu moderasi terlebih dahulu untuk dapat ditayangkan secara publik. ... salam hormat!

Lebih baru Lebih lama

Chat Via Whatsapp

(Hanya Pada Jam Kerja)