Ujian Madrasah 2021 - Ujian Daring di Masa Pandemi

MAN 2 Kebumen hari ini melaksanakn Ujian Madrasah yang diikuti oleh 381 peserta didik jurusan IPA, IPS, dan Agama. Pelaksanaan UM ini dimulai pada Senin, 15 – 24 Maret 2021 secara daring dengan menggunakan aplikasi E-Learning. Siswa MAN 2 Kebumen dinyatakan lulus setelah memenuhi tiga syarat yakni pertama, menyelesaikan program pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 yang dibuktikan dengan rapor tiap semester. Kedua, memperoleh nilai sikap/perilaku minimal "Baik", dan ketiga, mengikuti Ujian Madrasah (UM) yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan (madrasah).


UM 2021

Kesibukan Panitia Sebagai Operator Di Ruang Kontrol Ujian Madrasah 2021 MAN 2 Kebumen Yang Berbasis Daring
(Sumber: Dokumentasi MAN 2 Kebumen)


Penilaian hasil belajar merupakan salah satu komponen penting dalam penyelenggaraan pendidikan di madrasah. Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan data/informasi untuk mengukur capaian hasil belajar peserta didik terhadap Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang telah ditetapkan.


Ujian Madrasah (UM) yaitu penilaian yang dilakukan untuk mengukur capaian kompetensi peserta didik pada akhir jenjang pendidikan. Ujian Madrasah (UM) meliputi seluruh mata pelajaran yang diajarkan di kelas akhir pada satuan pendidikan, baik kelompok mata pelajaran wajib maupun muatan lokal. UM diikuti oleh peserta didik pada akhir jenjang pendidikan pada Madrasah Aliyah (MA) sebagai salah satu persyaratan untuk penentuan kelulusan. Hal tersebut menegaskan bahwa pemerintah memberi wewenang penuh kepada satuan pendidikan dalam hal ini adalah madrasah untuk menyelenggarakan ujian pada akhir jenjang pendidikan untuk mengukur pencapaian standar kompetensi lulusan bagi peserta didiknya.


Ujian Madrasah bertujuan untuk mengukur capaian kompetensi peserta didik sesuai Standar Kompetensi Lulusan pada akhir jenjang pendidikan. Ujian Madrasah berfungsi sebagai Indikator pencapaian kompetensi peserta didik, umpan balik bagi madrasah untuk kepentingan perbaikan proses pembelajaran dan perbaikan mutu pendidikan di waktu berikutnya, dan pemenuhan salah satu syarat penentuan kelulusan.


Meskipun pelaksanaan UM madrasah menggunakan sistem Daring diharapkan peseta didik dapat mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh, jujur, mandiri, dan memiliki semangat yang tinggi untuk mendapatkan hasil ujian yang membanggakan.

(Tim)

Post a Comment

Terimakasih berkenan untuk memberikan komentar pada tulisan ini. Mohon hargai sesama dan gunakan bahasa serta penulisan yang baik dan sopan. Beberapa komentar menunggu moderasi terlebih dahulu untuk dapat ditayangkan secara publik. ... salam hormat!

Lebih baru Lebih lama

Chat Via Whatsapp

(Hanya Pada Jam Kerja)