MAN 2 Kebumen Menuju Zona Integritas

Zona Integritas Manda


Program Pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) merupakan program nasional dalam upaya pencegahan korupsi dan reformasi birokrasi di Indonesia yang menjadi prioritas Kementerian Agama. MAN 2 Kebumen menjadi salah satu madrasah yang terpilih untuk mensukseskan program Kementerian Agama RI dalam program ini. Tanggung jawab ini menjadi tantangan tersendiri untuk dapat menciptakan suasana demi mendorong terciptnya good governance dan clean government, salah satunya melalui proses pelaksanaan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani pada seluruh satker pilot project ZI di lingkungan Kementerian Agama khususnya MAN 2 Kebumen.


Diawali sambutan oleh Kepala Madrasah Aliyah Negeri 2 Kebumen, Bapak H .Wachid Adib, M.Si menyampaikan bahwa MAN 2 Kebumen harus mampu menciptakan birokrasi yang bersih bebas dari pungli, gratifikasi, dan korupsi agar masyarakat dapat memberikan kepercayaannya terhadap madrasah. Hal ini perlu dukungan dan komitmen dari semua elemen madrasah agar zona intergritas menuju wilayah bebas korupsi dapat terwujud.


Zona Integritas MAN 2 Kebumen


Oleh karena itu, pada hari Selasa (06/04) ditegaskan kembali dengan membaca dan menandatangi pakta integritas oleh seluruh guru dan karyawan MAN 2 Kebumen bertempat di aula. Adapun isi dari pakta integritas tersebut meliputi pertama kesanggupan untuk berperan aktif dalam upaya pencegahan dan pemberantasan Korupsi, Kolusi dan Nepotisme. Kedua, Tidak meminta atau menerima pemberian secara langsung atau tidak langsung berupa suap, hadiah, bantuan, atau bentuk lainnya yang tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Ketiga Bersikap jujur, transparan dan obyektif dalam melaksanakan tugas. Keempat Menghindari pertentangan kepentingan (conflict of interest) dalam pelaksanaan tugas. Kelima, Memberi contoh dalam kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan dalam melaksanakan tugas di lingkungan kerja  secara konsisten. Keenam, Akan menyampaikan informasi penyimpangan integritas di MAN 2 Kebumen serta turut menjaga kerahasiaan saksi atas pelanggaran peraturan yang dilaporkannya.


Diharapkan melalui pembangunan Zona Integritas ini MAN 2 Kebumen yang telah mendapat predikat WBK/WBBM dapat menjadi pilot project dan benchmark untuk madrasah lainnya sehingga seluruh madrasah tersebut diberikan kebebasan untuk bekerja dengan benar sesuai dengan ketentuan perundangan-undangan. Selain itu madrasah yang berpredikat WBK/WBBM merupakan outcomedari upaya pencegahan korupsi yang dilaksanakan secara konkrit di dalam lingkup Zona Integritas. (Tim)

Post a Comment

Terimakasih berkenan untuk memberikan komentar pada tulisan ini. Mohon hargai sesama dan gunakan bahasa serta penulisan yang baik dan sopan. Beberapa komentar menunggu moderasi terlebih dahulu untuk dapat ditayangkan secara publik. ... salam hormat!

Lebih baru Lebih lama

Chat Via Whatsapp

(Hanya Pada Jam Kerja)