Brosur PPDB2024

PTK : Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Seni Rupa Melalui Media Pameran Karya Seni Kelas V SDN Wunut Ngombol Purworejo Tahun Pelajaran 2009/2010


Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Seni Rupa Melalui Media Pameran Karya Seni Kelas V SDN Wunut Ngombol Purworejo Tahun Pelajaran 2009/2010

Penulis : Roso

Publisher : FKIP UNS Surakarta

Tahun : 2010


Abstrak

Roso. UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SENI RUPA MELALUI MEDIA PAMERAN KARYA SENI KELAS V SDN WUNUT NGOMBOL PURWOREJO TAHUN 2009/2010. Laporan penelitian tindakan kelas, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2010.


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi Belajar Seni Budaya dan Ketrampilan. Pada peserta didik kelas V SD Negeri Wunut dengan menggunakan media Pameran.


Variabel yang menjadi sasaran perubahan dalam penelitian ini adalah motivasi belajar SBK, sedangkan variabel tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah media pameran.


Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Adapun jumlah peserta didik kelas V SD Negeri Wunut adalah 32.


Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa,ada peningkatan prestasi belajar Seni Budaya dan Ketrampilan, setelah diadakan tindakan kelas dengan media pameran. Hal ini dapat ditunjukan dengan meningkatkan motivasi siswa dari sebelum dan sesudah tindakan. Pada silkus I ada peningkatan nilai dari rata rata 62,75 meningkat menjadi 74,57 pada siklus II meningkat menjadi demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran SBK dengan menggunakan media pameran dapt meningkatkan prestasi belajar SBK pada peserta didik kelas V SD Negeri Wunut Ngombol Purworejo tahun pelajaran 2009/2010.


Post a Comment

Terimakasih berkenan untuk memberikan komentar pada tulisan ini. Mohon hargai sesama dan gunakan bahasa serta penulisan yang baik dan sopan. Beberapa komentar menunggu moderasi terlebih dahulu untuk dapat ditayangkan secara publik. ... salam hormat!

Lebih baru Lebih lama