Brosur PPDB2024

Festival Band HAB Kemenag ke-77 Kab. Kebumen, MAN 2 Kebumen Raih Juara 1

 


Dalam rangka Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama ke-77, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kebumen menyelenggarakan festival band, Selasa (29 /11/2022). Kegiatan yang bertempat di Aula Kemenag Kebumen tersebut diikuti sebanyak 35 grup yang terdiri dari grup guru, karyawan, dan juga para siswa dan santri di wilayah Kabupaten Kebumen. Acara tersebut bukan hanya sekedar ajang penampilan, tetapi juga dilombakan.


Dalam kesempatan ini, grup band dari siswa dan siswi MAN 2 Kebumen berhasil meraih juara 1. Grup yang beranggotakan Muhammad Adi Yudha (X IPS 1), M. Raihan Dava Pamungkas (X Agama), Tyo Akmal Ramadhani (X IPA 6), Guntoro Aji N (XI IPA 5), Erlangga (XI IPS 1), Cohirun Najwa (XI IPA 2), tampil memukau dengan membawakan lagu wajib Tobat Maksiat (wali) dan lagu bebas Topeng (Noah). Atas aksi panggungnya, mereka pun dinobatkan sebagai juara pertama.


Dengan keberhasilan tersebut, Dwi Jayati, S.Pd., selaku Pembina seni mengaku sangat bangga dan haru. “Pada waktu kita mendapatkan brosur lomba itu posisinya bingung, antara senang sama bimbang. Ini karena MAN 2 belum memiliki grup band yang sudah resmi. Lalu saya berusaha mencari anak-anak yang berbakat, baik untuk gitar, keyboard, drum, sama vokal. Yang agak kesulitan itu untuk drum karena tidak semua anak bisa. Kalau untuk keyboard, gitar, ndak masalah. Apalagi vokalis ada Mbak Najwa yang sudah pernah juara solo song putri. Alhamdulillah setelah diseleksi oleh pelatih, semua masuk dan kita mulai latihan,” tutur Bu DJ, panggilan akrab Dwi Jayati, saat menceritakan persiapan perlombaan.


Dalam proses latihan, lanjut Bu DJ, dikarenakan belum memiliki studio musik sendiri, maka dilakukan seadanya di madrasah. “Kita latihan setiap hari dan alhamdulillah anak-anak termasuk cepet. Untuk drum awalnya malah pakai aplikasi HP. Untuk gitar pun latihannya memakai gitar manual, bukan gitar listrik. Ya, karena keterbatasan kita. Dan yang luar biasa itu perjuangan drummer, karena sampai hari H belum maksimal. Tapi pas tampil mereka luar biasa,” ungkap Bu DJ.


“Perjuangan ini betul-betul dari nol. Dan kita punya keyakinan jika berusaha semaksimal mungkin, maka hasilnya akan maksimal. Dan alhamdulillah bisa menjadi nomer satu dalam festival kemarin. Untuk vokal, Mbak Najwa, terbaik pertama. Jadi kemarin itu masing-masing dinilai, baik grup maupun person-person. Yah, mudah-mudahan untuk kedepannya bisa lebih baik lagi,” pungkas Bu DJ. (Anas)


Post a Comment

Terimakasih berkenan untuk memberikan komentar pada tulisan ini. Mohon hargai sesama dan gunakan bahasa serta penulisan yang baik dan sopan. Beberapa komentar menunggu moderasi terlebih dahulu untuk dapat ditayangkan secara publik. ... salam hormat!

Lebih baru Lebih lama