Brosur PPDB2024

Tim BIOMANDA Meraih Juara 2 di BBC UGM 2022



MAN 2 Kebumen berhasil membawa pulang juara 2 dalam kompetisi Biologi yang diselenggarakan oleh Universitas Gadjah Mada (UGM). Tim BIOMANDA yang beranggotakan Ananda Rahmawati, Kasifa Alfi Maghfiroh dan Silmi Lisani telah menyelesaikan perjuanganya pada Biology Brainiac Competition (BBC) 2022. BBC 2022 kali ini mengambil tema "Tough Warrior's Journey to The Amazing Peak". Ini adalah tahun kelima pelaksanaan BBC yang diselenggarakan oleh Fakultas Biologi UGM.


Perjalanan dimulai pada babak penyisihan yang dimulai tanggal 1 Oktober 2022 dengan mengerjakan soal secara online dan pengawasan melalui Zoom Meeting. Penyisihan ini diikuti oleh tim dari seluruh Indonesia. Tim yang lolos Babak Semifinal dipilih berdasarkan 11 tim terbaik dari keseluruhan tim, beserta masing-masing 5 tim dari region 1, 2, dan 3 diluar peningkatan 11 tim terbaik dari keseluruhan tim. Dari hasil babak penyisihan diperoleh 26 tim yang melaju ke babak semifinal.



Semifinal dilaksanakan pada tanggal 26 Oktober 2022 dengan pengerjaan soal pilihan ganda dan essai secara online. Tim yang lolos Babak Final dipilih berdasarkan 10 tim terbaik dari keseluruhan tim yang mengikuti babak semifinal. Tim Bio Manda berhasil mendapatkan peringkat 8 dari 10 tim terbaik sehingga mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan ke babak Final.


Pada babak Final dan Grandfinal diadakan secara bersamaan. yaitu pada tanggal 6 November 2022. Pada Final dan Grandfinal BBC 2022 ini peserta lomba diuji kemampuan berpikir analitis dan kreatif terhadap suatu masalah yang disajikan. Peserta lomba menuliskan jawaban berupa essai dan analisis jurnal yang berkaitan dengan permasalahan yang dipilih. Dari 10 tim yang lolos pada Final BBC 2022 dipilih lima tim terbaik untuk lolos ke Babak Grandfinal. Alhamdulillah, Tim BIOMANDA menempati peringkat ke 4 sehingga berkesempatan melanjutkan kompetisi ke babak Grandfinal.


Pengumuman pemenang yang dilaksanakan tanggal 12 November menajdi hari yang ditunggu. Alhamdulillah, Tim BIOMANDA dapat menyelesaikan perlombaan dengan baik sehingga memperoleh juara 2 pada BBC UGM 2022 ini. Selamat kepada Tim BIOMANDA..semoga bisa disusul juara-juara lainnya...Amiin.


Post a Comment

Terimakasih berkenan untuk memberikan komentar pada tulisan ini. Mohon hargai sesama dan gunakan bahasa serta penulisan yang baik dan sopan. Beberapa komentar menunggu moderasi terlebih dahulu untuk dapat ditayangkan secara publik. ... salam hormat!

Lebih baru Lebih lama