Brosur PPDB2024

PKKM Tahunan, Kamad MANDA : Penilaian Apapun Tujuannya adalah Bimbingan!


Dalam rangka evaluasi kinerja Kepala Madrasah, MAN 2 Kebumen menyelenggarakan Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) Tahunan. Acara tersebut berlangsung pada Senin (14/11/2022), dari pukul 08.00 WIB sampai sekitar pukul 13.00 WIB. Kegiatan yang bertempat di Aula MAN 2 Kebumen tersebut, menghadirkan 2 asesor yang bertugas menilai kinerja kepala madrasah, yakni Drs. H. Fauzi Ma'sum, M.Pd.I (Asesor I) dan Hj. Sriwi Rahayu, M.Pd (Asesor II).


Pembukaan PKKM diikuti langsung oleh kedua asesor, Kepala MAN 2 Kebumen, jajaran wakil kepala, serta bapak dan ibu guru tim PKKM MAN 2 Kebumen. Dalam sambutannya, Drs. Warsam, M.Pd., selaku kepala MAN 2 Kebumen, mengungkapkan kesiapannya untuk dinilai. Beliau juga mengucapkan terimakasih kepada asesor yang telah menyempatkan waktunya untuk memberikan penilaian.



“Disampaikan selamat datang kepada asesor berdua dalam rangka PKKM tahunan. Mohon maaf jika sambutan kami kurang berkenan. PKKM ini dilaksanakan untuk memenuhi amanat pemerintah. Sebenarnya, penilaian apapun namanya, sepanjang sudah melaksanakan administrasi yang benar, maka tidak perlu ngoyo. Cuma kita pada umumnya seneng melakukan pekerjaan buru-buru,” tuturnya.


Warsam menambahkan, PKKM tahun ini juga menjadi ajang persiapan akreditasi. Karena itu, beliau meminta agar Tim PKKM MAN 2 Kebumen bekerja sungguh-sungguh. “Untuk PKKM tahun ini juga sebagai persiapan akreditasi 2 tahun lagi. Administrasi yang dibuat ada beberapa komponen yang sama. Maka, file yang disipkan mohon ditempatkan di tempat yang aman agar tidak hilang,” lanjutnya.


Lebih jauh, Kepala MAN 2 Kebumen tersebut juga mengharapkan bimbingan dan arahan kepada asesor, karena poin penting dari PKKM adalah bimbingan. “Kepada bapak - ibu asesor, kami mohon arahan dan bimbingan, karena penilaian dalam bentuk apapun sifatnya untuk pengarahan dan bimbingan. Maka pembinaan dan pengarahan dari asesor sangat kami harapkan. Apalagi tentunya dalam menyiapkan PKKM ini masih banyak kekurangan,” tutup Warsam.



Sementara itu, Drs. H. Fauzi Ma'sum, M.Pd.I, asesor I, dalam sambutannya sebelum penilaian, menyatakan bahwa pihaknya semata melaksanakan amanat pemerintah, khususnya departemen agama. “Kami berdua kesini dalam rangka melaksanakan tugas, khususnya tentang PKKM. Jadi, di kementerian agama tiap tahun ada PKKM,” tandas H. Fauzi.


Beliau yang juga bertugas sebagai pengawas madrasah, berharap agar PKKM tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya. “ Kemarin bapak dan ibu sudah supervisi. Walaupun sudah tertib administrasi, tapi perlu dicek lagi kekurangannya. Walaupun arahnya penilaian kepala madrasah, tapi administrasi bapak – ibu juga dicek,” pungkasnya.


Setelah pembukaan selesai, pengecekan dokumen dilakukan oleh kedua asesor. Untuk dokumen-dokumen di unsur 1 dan 2, dicek oleh asesor I. Sedangkan dokumen-dokumen di unsur 3 dan 4 dicek oleh asesor II. (Anas)


Post a Comment

Terimakasih berkenan untuk memberikan komentar pada tulisan ini. Mohon hargai sesama dan gunakan bahasa serta penulisan yang baik dan sopan. Beberapa komentar menunggu moderasi terlebih dahulu untuk dapat ditayangkan secara publik. ... salam hormat!

Lebih baru Lebih lama