Brosur PPDB2024

Empat Pilar Kesempurnaan Muslim


Kita boleh mengaku sebagai orang Islam, tapi pertanyaan selanjutnya adalah seberapa sempurna keislaman kita? Ustadz Alif Mucharrom, M.Pd dalam khutbah Jum’at di Masjid Baitul Hikmah MAN 2 Kebumen pada 13 Januari 2023 memaparkan setidaknya ada 4 (empat) pilar agar keislaman kita sempurna.


Pertama, Salimul Aqidah atau selamat dalam berakidah. Kita harus memastikan keimanan kita kepada Allah SWT murni dan terbebas dari syirik. Saat kita mulai berharap kepada selain Allah SWT berarti tauhid kita mulai terkikis. Kita harus yakin sepenuhnya bahwa Allah SWT satu-satunya tempat bergantung dan memohon pertolongan.


Kedua, Salimul Ibadah Wal Istiqomah, yakni selamat dalam beribadah dan istiqomah menjalankannya. Ibadah merupakan perintah Allah SWT, maka sudah pasti ada tuntunan dan tata cara yang diajarkan melalui Rasulullah SAW. Kita harus menjalankan sesuai tuntunan tersebut dan berusaha istiqomah dalam pelaksanaannya.


Ketiga, Matinul Khuluq atau akhlak yang kokoh, akhlak yang sempurna. Rasulullah SAW adalah suri tauladan yang telah memberi contoh bagaimana berakhlak yang mulia. Kita sebagai umat Islam harus senantiasa meniru dan mengamalkan apa yang dicontohkan Beliau dalam kehidupan sehari-hari.


Keempat, Muamalah yakni hubungan antar sesama dijaga dengan baik. Dalam suatu hadits dikatakan “khoirunnas anfa’uhum linnaas”, bahwa sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi sesama. Maka sebagai orang yang mengaku beragama Islam kita harus berusaha menjadi anggota masyarakat yang bermanfaat, bukan sebaliknya malah menjadi perusak dan pembuat kekacauan.


Itulah 4 pilar keislaman yang akan membuat Islam kita sempurna, Insya Allah.(jay)

Post a Comment

Terimakasih berkenan untuk memberikan komentar pada tulisan ini. Mohon hargai sesama dan gunakan bahasa serta penulisan yang baik dan sopan. Beberapa komentar menunggu moderasi terlebih dahulu untuk dapat ditayangkan secara publik. ... salam hormat!

Lebih baru Lebih lama