Brosur PPDB2024

Gandeng Puskesmas Kebumen 1, MAN 2 Kebumen Lakukan Pengecekan Kadar Hemoglobin Peserta Didik Putri


Kesehatan remaja putri merupakan aspek penting yang harus menjadi perhatian banyak pihak, termasuk lembaga pendidikan tempat mereka menghabiskan banyak waktu untuk menuntut ilmu. Mereka merupakan generasi penerus yang kelak akan melahirkan generasi bangsa selanjutnya.

Berawal dari kesadaran tersebut, MAN 2 Kebumen bekerja sama dengan Puskesmas Kebumen 1 melaksanakan kegiatan pengecekan Hb pada Kamis, 12 Januari 2023. Bertempat di Aula MAN 2 Kebumen, seluruh peserta didik putri kelas X mengikuti kegiatan ini dengan antusias.

Akhmad Makhsus, selaku wakil kepala madrasah bidang kesiswaan, yang memantau jalannya kegiatan mengutarakan bahwa pengecekan Hb sejak dini sangat penting untuk mendeteksi apakah para remaja putri mengalami anemia atau tidak. “Kalau ternyata ada yang terdeteksi anemia, nanti akan dirujuk ke puskesmas untuk mendapatkan penanganan lanjutan” tambahnya.

Setelah pemeriksaan selesai, terindikasi beberapa peserta didik putri  mengalami anemia, dengan kadar Hb dibawah angka 10. Selanjutnya mereka mendapat surat rujukan yang nantinya digunkan untuk melakukan pemeriksaan lanjutan.

Ada kejadian unik pada saat kegiatan berlangsung, seorang peserta didik putri tampak menangis sesenggukan di luar pintu aula. Setelah ditanyakan ternyata takut disuntik jarum saat pengambilan sampel darah. Petugas Puskesmas pun memberikan pengertian bahwa rasa sakit yang ditimbulkan hanya sedikit, sehingga tidak perlu ditakuti. Akhirnya, peserta didik putri ini pun mau masuk dan mengikuti pengecekan Hb dengan tenang. (jay)

Post a Comment

Terimakasih berkenan untuk memberikan komentar pada tulisan ini. Mohon hargai sesama dan gunakan bahasa serta penulisan yang baik dan sopan. Beberapa komentar menunggu moderasi terlebih dahulu untuk dapat ditayangkan secara publik. ... salam hormat!

Lebih baru Lebih lama