Brosur PPDB2024

Bersiap Menghadapi Asesmen Madrasah, MAN 2 Kebumen Gelar Sosialisasi dan Do’a Bersama

Untuk meningkatkan pemahaman peserta didik kelas XII dan juga wali peserta didik mengenai Asesmen Madrasah dan studi lanjutan, MAN 2 Kebumen menggelar Sosialisasi Asesmen Madrasah dan Sukses Masuk PTN yang dilaksanakan pada Rabu, 08 Maret 2023 di masjid Baitul Hikmah. Kegiatan dilaksanakan di masjid karena dalam rangkaiannya ada acara mujahadan dan do’a bersama sebagai ikhtiar persiapan menghadapi Asesmen Madrasah.

Dalam sambutannya, Kepala MAN 2 Kebumen, Drs. Warsam, M.Pd mengucapkan terima kasih atas kehadiran wali peserta didik. Hal itu menunjukan tingkat kepedualian yang tinggi terhadap keberhasilan putra-putrinya dalam menempuh pendidikan di MAN 2 Kebumen.

Selain itu Kepala Madrasah juga berterima kasih atas dukungan orang tua peserta didik utamanya dalam hal pembiayaan pendidikan. Karena dengan pembiayaan yang lancar membuat kegiatan di madrasah dapat berjalan dengan baik.

Adapun materi tentang Asesmen Madrasah dan perguruan tinggi disampaikan oleh Wakil Kepala Madrasah bidang Kurikulum, Hj. Siti Robiyatun, M.Pd. Dalam paparannya, Bu Rob – demikian sapaan akrabnya – menjelaskan pergantian istilah Ujian Madrasah menjadi Asesmen Madrasah berdasarkan SK Dirjen Pendis Nomor 901 Tahun 2023 tentang Standar Operasional Prosedur penyelenggaraan Asesmen Madrasah tahun pelajaran 2022/2023.

Rencananya, Asesmen Madrasah akan dilaksanakan mulai 27 Maret sampai 05 April 2023. Beberapa mata pelajaran ada yang hanya diujikan secara tertulis, ada yang hanya praktik, dan ada pula yang kedua-duanya.

Selanjutnya Hj. Siti Robiyatun, M.Pd menyampaikan berbagai jalur masuk perguruan tinggi. Diantaranya Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN PTKIN), Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM PTKIN), dan lain-lain. “Peserta didik kelas XII diharapkan aktif mencari informasi mengenai jalur masuk perguruan tinggi yang diinginkan, jika kurang jelas bisa berkonsultasi kepada guru BK” tambahnya. (mj)

Post a Comment

Terimakasih berkenan untuk memberikan komentar pada tulisan ini. Mohon hargai sesama dan gunakan bahasa serta penulisan yang baik dan sopan. Beberapa komentar menunggu moderasi terlebih dahulu untuk dapat ditayangkan secara publik. ... salam hormat!

Lebih baru Lebih lama