Brosur PPDB2024

Jelang Kompetisi Internasional, Tim Robotik MAN 2 Kebumen Sowan Kepala Kemenag Kebumen


Kebumen – Tahun 2023 MAN 2 Kebumen mengirimkan perwakilannya untuk mengikuti komptisi robotik tingkat internasional,yaitu International Youth Robot Competition (IYRC) 2023 Malaysia. Kompetisi ini akan berlangsung tanggal 3 – 5 Juni 2023, bertempat di Johor Bahru, Malaysia. Tujuan kegiatan tersebut diantaranya meningkatkan kemampuan anak tentang kemampuan robotika di kancah internasional. Dalam ajang ini, MAN 2 Kebumen mengirimkan 2 tim yang terdiri dari 4 anak, yakni : Tim 1 atas nama Guntoro Aji Nugroho (XI IPA 5) dan Arfian Maulana Hasbi (XI IPA 5); Tim 2 atas nama Qais Zaidan Altaf (X IPA 2) dan Adanz Kertiwijaya (X IPA 2).

Dalam rangka persiapan event tersebut, tim robotik MAN 2 Kebumen menyempatkan sowan kepada Kepala Kantor Kemenag Kab. Kebumen, Drs. H. Sukarno, MM. Didampingi oleh Kepala MAN 2 Kebumen, Drs. Warsam, M.Pd, Wakamad Bidang Humas, serta guru pembimbing, rombongan tiba di Kantor Kemenag Kebumen pada Jum’at siang (26/5/2023) menjelang shalat jum’at.

Setibanya di kantor, Drs. Warsam, M.Pd, menyampaikan maksud dan tujuan kunjungan mereka, yakni meminta doa restu dan dukungan. “Maksud kedatangan kami kesini, pertama silaturahim. Selanjutnya, kami mohon dukungan dan doa restu terutama dari Kepala Kantor Kemenag, juga dari insan kemenag seluruhnya, karena anak-anak kami akan mengikuti kompetisi robotik internasional di Malaysia,” tutur Warsam.

Pihaknya menuturkan, saat ini berbagai persiapan tengah dilakukan. Selain latihan yang dilakukan oleh tim, juga perangkat pendukung seperti paspor sedang disiapkan. Warsam berharap peserta didiknya bisa meraih hasil maksimal dalam kompetisi tersebut, sehingga bukan sekedar membanggakan bagi MAN 2 Kebumen semata, tetapi juga mengharumkan nama bangsa Indonesia.

Menyambut rombongan dari MAN 2 Kebumen, Kepala Kantor Kemenag Kebumen memberikan apresiasi setinggi-tingginya. “Puji syukur siang ini kita bisa bersilaturahim. Saya ucapakan sugeng rawuh untuk semuanya, juga saya mengapresiasi kepada MAN 2 Kebumen yang akan mengirim anak didiknya ke Malaysia. Saya yakin peserta didik MAN 2 itu berkualitas, semoga bisa meraih hasil maksimal,” timpal H. Sukarno

Dalam kesempatan itu, pihaknya mendorong agar tim robotik menyiapkan segala sesuatunya dengan maksimal. “Pokoknya usaha maksimal, berdoa, yakin kita mampu. Jaga nama baik, jaga kesehatan, karena tidak semua memiliki kesempatan seperti kalian. Jika pun nantinya belum tercapai hasil yang diinginkan, jangan patah arang!” pungkasnya.


Terkait teknis perlombaan, Risqi Pratama, S.Si, selaku guru pembimbing, menjelaskan bahwa perlombaan tersebut berdasarkan tingkat usia. Untuk usia 9 – 12 tahun, kategori yang dilombakan adalah Soccer dan Creative Desain. Adapun untuk usia 13 – 17 tahun, kategori yang dilombakan adalah Transporter (untuk individu), dan Creative Desain (berkelompok). MAN 2 Kebumen mengambil kategori Creative Desain.


“Untuk tema yang mau kita ambil itu sustainable cities and communities. Tapi itu baru rencana sih. Ini masih terus kita matangkan persiapannya, dan kita ambil kemungkinan yang bisa dikompetisikan,” terang Rizki. (An)

1 Komentar

Terimakasih berkenan untuk memberikan komentar pada tulisan ini. Mohon hargai sesama dan gunakan bahasa serta penulisan yang baik dan sopan. Beberapa komentar menunggu moderasi terlebih dahulu untuk dapat ditayangkan secara publik. ... salam hormat!

  1. alhamdulillah, barakalllah salam dari https://kbihaisyiyahkebumen.blogspot.com/

    BalasHapus

Posting Komentar

Terimakasih berkenan untuk memberikan komentar pada tulisan ini. Mohon hargai sesama dan gunakan bahasa serta penulisan yang baik dan sopan. Beberapa komentar menunggu moderasi terlebih dahulu untuk dapat ditayangkan secara publik. ... salam hormat!

Lebih baru Lebih lama