Brosur PPDB2024

KOSSMI 2023, MAN 2 Kebumen Raih 1 Medali Perak, 1 Perunggu, dan 1 Honorable Mention


Ajang KOSSMI (Kompetisi Sains Siswa Muslim Indonesia) tahun 2023 telah mencapai babak akhir. KOSSMI merupakan event tahunan yang diselenggarakan oleh Abak Academy bekerjasama dengan Surya Institute for the Promotion of Science (SIPS), dengan tujuan menyediakan ruang bagi siswa muslim baik yang bersekolah di Madrasah, Pesantren, Sekolah umum dan Homeschooling untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang sains dan matematika.

Di tahun ini, para jawara di masing-masing bidang kompetisi sudah diumumkan. Untuk tingkat SMA / MA, dari 7 bidang perlombaan (matematika, fisika, kimia, biologi, ekonomi, geografi, robotik), MAN 2 Kebumen berhasil mempersembahkan 3 kejuaraan. Yakni masing-masing silver medals (medali perak) untuk mapel ekonomi atas nama Aulia Salsabila kelas XI IPS 1, bronze medals (medali perunggu) untuk mapel geografi atas nama Dzakiyah Munifah kelas XI IPS 1, dan juara harapan atau honorable mention untuk mapel biologi atas nama Silmi Lisani Rahmawati kelas XI IPA 1.

Keberhasilan meraih juara tersebut diperoleh setelah melewati beberapa tahap. Berdasarkan informasi dari Intan Murniningsih, M.Pd., guru pendamping, perlombaan dimulai dari tahap penyisihan level 1 yang diselenggarakan pada 19 Februari 2023 secara online dan diikuti 18 siswa MAN 2 Kebumen. Dari tahap ini lolos 8 anak dan maju ke tahap semifinal yang digelar di MAN 1 Yogyakarta 19 Maret 2023.

“Kemudian lolos 4 anak ke tahap final, yaitu olimpiade mapel biologi 2 peserta didik, ekonomi 1 peserta didik, dan geografi 1 peserta didik. Selanjutnya pelaksanaan tahap final yang pelaksanaan juga secara offline di Kampus UI Depok dari tanggal 19-21 Mei 2023. Alhamdulillah mendapatkan 3 medali, yaitu silver medals untuk ekonomi, bronze medals untuk geografi, dan honorable mention untuk biologi,” tutur Intan.

Kejuaraan tersebut tentu merupakan pretasi yang menggembirakan bagi MAN 2 Kebumen. Ini sekaligus menjaga ‘tradisi juara’ bagi peserta didik MAN 2 Kebumen, karena di tahun 2022 lalu pada ajang yang sama, MAN 2 Kebumen berhasil meraih gold medal untuk mapel biologi dan silver medals untuk mapel geografi. Di tahun 2023 ini, kurang lebih 6.000 peserta telah mengikuti perlombaan, mulai dari level 1 (kelas 1-3 MI/ SD), level 2 (kelas 4-6 MI/ SD,  level 3 (1-3 MTs/ SMP) dan level 4 (1-3 MA/ SMA).


Mengapresiasi kejuaraan tersebut, Drs. Warsam, M.Pd., Kepala MAN 2 Kebumen, mengucapkan puji syukur dan penghargaan yang setinggi-tingginya. “Kami sangat bersyukur atas prestasi yang diraih oleh para perta didik pada ajang KOSSMI. Dan juga terimakasih kepada para pembimbing, serta seluruh keluarga besar MAN 2 Kebumen atas dukungan dan doanya, sehingga para peserta didik yang mengikuti kompetisi ini bisa memperoleh juara,” papar Warsam.

Pihaknya juga tidak lupa memotivasi peserta didik agar terus berpacu dengan prestasi dan menjadi generasi berkualitas. “Teruslah berprestasi anak-anaku! Teruslah menjadi yang terbaik, wujudkan visi MAN 2 Kebumen yang luhur pekerti dan unggul prestasi,” pungkasnya. (An)

Post a Comment

Terimakasih berkenan untuk memberikan komentar pada tulisan ini. Mohon hargai sesama dan gunakan bahasa serta penulisan yang baik dan sopan. Beberapa komentar menunggu moderasi terlebih dahulu untuk dapat ditayangkan secara publik. ... salam hormat!

Lebih baru Lebih lama