Brosur PPDB2024

Gandeng Kind Mode, MAN 2 Kebumen gelar Pelatihan Ecoprint

Ecoprint MAN 2 Kebumen

Belajar wirausaha tidak cukup hanya dengan mendengarkan teori yang dipaparkan oleh ahli. Akan tetapi harus diikuti dengan praktik langsung teori-teori tersebut. Sebagaimana dilakukan oleh MAN 2 Kebumen terhadap peserta didik kelas XI pada mata Pelajaran PKWU atau Pendidikan Kewirausahaan. Dengan menggandeng Kind Mode menyelenggarakan Pelatihan Ecoprint untuk memberikan bekal keterampilan peserta didik selama dua hari yaitu Senin-Selasa, 23-24 Oktober 2023.

Ecoprint MAN 2 Kebumen

Acara yang berlangsung di ruang aula ini mengajarkan tahap-tahap pembuatan ecoprint. Tahap awal memilih daun yang sesuai. Kemudian kain direndam cairan yang sudah disediakan. Selanjutnya kain diperas sampai air tidak menetes lagi dan dibentangkan diatas plastik. Lalu daun yang sudah dipilih ditata diatas kain tersebut, pada setengah bagian kain. Setelahnya setengah kain dilipat untuk menutup daun. Kemudian kain digulung, diikat, dan dikukus kurang lebih dua jam. Setelah selesai diangkat, daun-daun dilepas, dan kain dikeringkan.

Ecoprint MAN 2 Kebumen

Selain pada kain, teknik ecoprint juga bisa diaplikasikan pada bahan lain seperti kulit dan bambu. Adapun produk-produk ecoprint bisa berupa pakaian, sepatu, topi, blangkon, dan lain-lain.

Kepala MAN 2 Kebumen, Drs. Warsam, M.Pd menjelaskan bahwa tujuan diselenggarakannya pelatihan ini adalah untuk memberikan bekal keterampilan peserta didik yang ingin mengembangkan wirausaha. Mengingat ecoprint ini masih jarang yang menggeluti, maka peluang pengembangannya kedepan masih terbuka lebar. Diharapkan peserta didik dapat mengikuti pelatihan ini dengan baik dan dapat mengembangkannya kelak.

Ecoprint MAN 2 Kebumen

Sementara itu Agnia Kusuma, salah satu peserta pelatihan dari kelas XI IPS 5 mengatakan sangat senang dengan adanya pelatihan ini karena bisa menambah ide wirausaha yang akan dikembangkannya suatu saat nanti. Dia berharap pelatihan ini tidak hanya sampai pada tahap produksi saja, akan tetapi lebih baik lagi jika dilakukan pendampingan sampai tahap pemasaran.

MAN 2 Kebumen memang berkomitmen memberikan pengalaman belajar terbaik bagi peserta didiknya dengan menggandeng pihak luar untuk memberikan berbagai pelatihan untuk terus meningkatkan prestasi baik di bidang akademik maupun non akademik. (moonjea)

Ecoprint MAN 2 Kebumen

Post a Comment

Terimakasih berkenan untuk memberikan komentar pada tulisan ini. Mohon hargai sesama dan gunakan bahasa serta penulisan yang baik dan sopan. Beberapa komentar menunggu moderasi terlebih dahulu untuk dapat ditayangkan secara publik. ... salam hormat!

Lebih baru Lebih lama