Brosur PPDB2024

MAN 2 Kebumen Raih Juara 3 Nasional Lomba Esai Lingkungan di ITB

 


Kebumen – Institut Teknologi Bandung (ITB) kembali menyelengarakan Lomba Esai Ide Kreatif Lingkungan Meteorological Competition Event 2023. Ajang kali ini bertema “Krisis Iklim: Panggilan Berinovasi untuk Selamatkan Bumi”. Peraih kejuaraan lomba tersebut telah diumumkan, dimana MAN 2 Kebumen berhasil meraih juara 3 nasional. MAN 2 Kebumen bersanding dengan SMA Pradita Dirgantara, salah satu SMA favorit di Indonesia, yang meraih juara 1 dan 2.


Dalam lomba kali ini, MAN 2 Kebumen mengusung inovasi lingkungan yang diberi nama ANTARA (Artificial Tree of Nusantara). Sebagaimana disampaikan oleh Kartina Dati, S.Pd.Si., M.Sc., selaku guru pembimbing, bahwa ide inovasi ini berawal dari adanya konsep sederhana dari proses fotosintesis yang bisa menghasilkan O2 dengan bahan berupa CO2, sinar matahari dan kloroplas yang ada di microalgae.


“Microalgae yang kita gunakan adalah kelas chlorophyta yaitu spesies Chlorella. Dengan ide awal konsep sederhana ini memunculkan ide kami untuk menciptakan inovasi photobioreactor cultivation microalgae yang kami namakan ANTARA,” tutur Dati.


“Inovasi ini kami kembangkan, diharapkan untuk jangka panjangnya dapat menciptakan sebuah keseimbangan lingkungan yang nantinya akan menciptakan keseimbangan ekosistem yang berkelanjutan atau sustainable environment,” lanjutnya.



Proses kejuaraan yang diraih MAN 2 Kebumen melalui seleksi beberapa tahap. Pada 25 November 2023 bertepatan dengan Hari Guru Nasional, peserta didik MAN 2 Kebumen mengikuti seleksi finalis di ITB. Sebelum babak tersebut, terlebih dahulu mengikuti babak penyisihan dengan mengirimkan essay.


“Alhamdulillah ketika final anak-anak presentasinya mantap banget. Mereka menguasi materi. Bahkan ketika sesi tanya jawab dari BRIN, katanya bagus inovasinya dan mau dimasukkan ke BRIN . Semoga bisa dikembangkan ke event lainnya,” pungkas Dati.


Atas prestasi yang diraih anak didiknya, Drs. Warsam, M.Pd., Kepala MAN 2 Kebumen, menyambut gembira dan memberi apresiasi setinggi-tingginya. Pihaknya selalu optimis bahwa peserta didik MAN 2 Kebumen adalah generasi juara.


“Alhamdulillah, apresiasi tinggi untuk para juara. Ini saya juga dapat WA dari pembimbing, katanya minta maaf belum bisa memberikan yang terbaik. Lho, kita ini juara 3 nasional di ITB. Kita bisa bersaing dengan SMA se-Indonesia. Bahkan MAN 2 Kebumen ada di urutan ketiga setelah SMA Pradipta Dirgantara sebagai juara 1 dan 2. Itu SMA favorit di Indonesia. Kita bisa bersanding disana,” tutur Warsam.


Dengan prestasi ini, Warsam pun semakin bangga bahwa madrasah hari ini sudah bisa bersaing dengan SMA, bahkan SMA favorit. Ini tentu perkembangan yang bagus, karena di madrasah bukan sekedar pengetahuan umum yang diberikan, tetapi juga pengetahuan agama.


“Ini menandakan siswa madrasah adalah generasi yang luhur pekerti dan unggul prestasi, sebagaimana slogan kami di MAN 2 Kebumen,” pungkasnya. (Anas)      


Post a Comment

Terimakasih berkenan untuk memberikan komentar pada tulisan ini. Mohon hargai sesama dan gunakan bahasa serta penulisan yang baik dan sopan. Beberapa komentar menunggu moderasi terlebih dahulu untuk dapat ditayangkan secara publik. ... salam hormat!

Lebih baru Lebih lama