Brosur PPDB2024

MAN 2 Kebumen Raih Penghargaan Aswaja Festival Tingkat Nasional 2023

 



MAN 2 Kebumen  meraih penghargaan dalam Aswaja Festival Tingkat Nasional 2023 yang diadakan oleh Pondok Pesantren  Durottu Aswaja  pada Haflah Akhirissanah yang diikuti olah Ilyas Roif, Marisanna Milatal Haq, Aniqotunisa, Djesy Ameliyah, Hanifatul Hasna  berhasil meraih Juara 1 dan peserta terfavorit dalam menampilkan pembacaan kitab Nadhom Alfiyah  dengan mengirim vidio kepada panitia Lomba.


Peserta dengan antusias mempersiapkan diri secara berkelompok dalam menunjukkan kemahiran membaca kitab tersebut sehingga mampu membuat tim juri kagum. Kitab Alfiyah Ibnu Malik ini adalah kitab nahwu shorof berbentuk nadhom atau syair yang terdiri atas 1.002 bait. Kitab ini dinamakan dengan alfiyah yang berarti seribu. Dapat dikatakan nadhom alfiyah memiliki arti syair seribu bait.


 Kitab Alfiah Ibnu Malik (ألفية ابن مالك) ini juga disebut Al-Khulasa al-Alfiyya–membahas dengan detail aturan gramatika Bahasa Arab, membahas tentang kaidah-kaidah Ilmu Nahwu-Sharaf. Mulai dari karakteristik kata benda (isim), kata kerja (fi’il), objek (maf’ul) yang punya banyak variasi, harful jarr (huruf yang mengkasrahkan) beserta faidah-faidahnya, aturan membuat plural (jama’), panggilan (nida’), dan sebagainya. (emmi)

Post a Comment

Terimakasih berkenan untuk memberikan komentar pada tulisan ini. Mohon hargai sesama dan gunakan bahasa serta penulisan yang baik dan sopan. Beberapa komentar menunggu moderasi terlebih dahulu untuk dapat ditayangkan secara publik. ... salam hormat!

Lebih baru Lebih lama