Brosur PPDB2024

Kenalkan Pendidikan dan Kebudayaan Bali, MAN 2 Kebumen Selenggarakan Field Study


Kebumen – MAN 2 Kebumen menggelar
field study tahun 2024 dengan tujuan utama pulau Bali. Kegiatan tersebut berlangsung dari tanggal 24 – 28 Februari 2024, dengan peserta terdiri dari peserta didik kelas XI dan guru pendamping.


Kepala MAN 2 Kebumen, Drs. Warsam, M.Pd., menyatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan rutinan setiap tahun, yang bertujuan untuk mengenal lingkungan pendidikan dan kebudayaan di derah tujuan, juga untuk refresing. “Kita kesana bukan sekedar untuk refresing, tapi ada aspek edukasi. Sehingga diharapkan bisa menambah wawasan peserta didik,” tutur Warsam dalam rapat koordinasi satu hari sebelum pemberangkatan.


Karena bertujuan untuk edukatif, Warsam berpesan kepada guru pembimbing agar memberikan pendampingan dan arahan kepada peserta didik selama di lokasi. Persiapan juga harus dilakukan semaksimal mungkin sehingga seluruh peserta field study tetap terjaga stamina, fisik, dan kesehatannya.


Pada hari pertama, peserta didik diajak berziarah ke makam Hadrotus Syekh Hasyim Asy’ari di Tebuireng, Jombang. Kemudian dilanjutkan ke pulau Bali untuk mengunjungi Kampus Udayana dan segenap objek wisata di pulau dewata tersebut. Di Udayana, peserta field study mengunjungi Fakultas Pariwisata, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, serta Fakultas Kelautan dan Perikanan. Mereka disambut oleh segenap civitas akademika kampus tersebut.


Saraswati, dosen Fakultas Kelautan dan Perikanan, merasa bangga kampusnya menjadi tempat kunjungan. Pihaknya menyatakan bahwa Universitas Udayana siap menerima mahasiswa dan mahasiswi dari berbagai daerah yang ingin belajar disana. Berbagai beasiswa juga telah disediakan untuk menunjang pendidikan.


“Kampus kami, khususnya Fakultas Kelautan dan Perikanan sudah menjalin kerjasama dengan berbagai lembaga, baik dalam negeri maupun luar negeri. Seperti dengan Sekolah Tinggi Ilmu Perikanan Universitas Nasional Pukyong, juga lainnya. Lulusan kami juga sudah banyak yang bekerja sesuai dengan bidangnya,” ungkap Saraswati, Senin (26/02/2024) di Aula Fakultas Kelautan dan Perikanan Udayana.


Selain berkunjung ke kampus, peserta field study juga dikenalkan dengan kebudayaan dan kesenian Bali, seperti Tari Barong dan Tari Kecak. Begitu juga pemandu wisata lokal turut mengenalkan budaya bali seperti perayaan hari raya, bahasa bali, serta cerita rakyat bali. (An)



Post a Comment

Terimakasih berkenan untuk memberikan komentar pada tulisan ini. Mohon hargai sesama dan gunakan bahasa serta penulisan yang baik dan sopan. Beberapa komentar menunggu moderasi terlebih dahulu untuk dapat ditayangkan secara publik. ... salam hormat!

Lebih baru Lebih lama