Brosur PPDB2024

Bupati Sambangi MAN 2 Kebumen: Mengajar dan Launching Produk Entrepreneur


Kebumen – Bupati Kebumen H. Arif Sugiyanto berkesempatan menyambangi MAN 2 Kebumen dalam rangka program ‘Bupati Mengajar’, sekaligus untuk me-launching produk entrepreneur hasil karya peserta didik. Kegiatan tersebut dilaksanakan Selasa pagi (6/2/2024), bertempat di halaman MAN 2 Kebumen.


Turut hadir dalam event tersebut Wakil Bupati, Forkompimda, Dandim, Kapolres, Kakankemenag Kebumen, dan petugas Dukcapil. Mereka disambut oleh Kepala MAN 2 Kebumen, jajaran guru dan karyawan, komite madrasah, serta seluruh pesera didik MAN 2 Kebumen.


Dalam pemaparannya di hadapan peserta didik, Bupati Kebumen memberikan motivasi dan mengajak peserta didik agar menjadi generasi yang adaptif terhadap perkembangan zaman. Saat ini, adanya perkembangan teknologi seperti munculnya kecerdasan buatan (AI) menuntut manusia untuk lebih kreatif. Di sisi lain, perkembangan teknologi informasi menuntut segalanya serba online.


“Saat ini toko-toko, ritel, pusat perbelanjaan, banyak yang pada gulung tikar. Kalah dengan online. Maka, kita harus bisa memanfaatkan teknologi agar bisa menghasilkan keuntungan. Kita harus bisa menjadi generasi yang mandiri,” tutur Bupati.


Di sisi lain, menghadapi tahun politik pihaknya mengajak kepada peserta didik yang sudah berusia tujuh belas tahun agar bisa menggunakan hak politiknya yakni memilih. Peserta didik juga dihimbau agar tidak mudah terpancing oleh informasi hoax yang bisa memecah belah kerukunan. “Kalau dulu mulutmu adalah harimaumu, sekarang jempolmu bisa jadi malapetakamu. Maka, berhati-hatilah dalam menyebar informasi,” lanjut Bupati.


Dalam kesempatan tersebut, Bupati me-launching produk entrepreneur hasil karya peserta didik MAN 2 Kebumen. Produk yang diresmikan diantaranya brownchip boss, Oye’s MANDA, Averbi Squash, dan So’Taw.


“Silakan diurus perijinannya, juga sertifikat halalnya, nanti bisa kami beli. Biasanya Bupati tiap tahun akan beli produk UMKM Kebumen untuk diberikan sebagai bingkisan lebaran,” pungkas Arif.  

Sebelumnya, Kepala MAN 2 Kebumen, Drs. Warsam, M.Pd., memberikan sambutan dan menyatakan terimakasih yang setinggi-tingginya karena Bupati menyempatkan waktu untuk bersilaturahim dan mengajar peserta didik. Pihaknya menegaskan bahwa madrasah hari ini sudah berkembang lebih inovatif dan tidak kalah saing dengan sekolah lain.


“Perlu kami sampaikan bahwa image madrasah hari ini bukan hanya dikenal pintar baca doa, tapi juga berprestasi. Di MAN 2, kami punya program unggulan baik akademik maupun non-akademik, diantaranya program riset, entrepreneur, olah raga, dan seni. Di bidang akademik, tahun kemarin dari ajang OSN, peserta didik MAN 2 Kebumen maju di tingkat nasional dan menjadi satu-satunya perwakilan asal Kebumen,” ujar Warsam.


Di bidang entrepreneur, lanjut Warsam, tahun 2020 produk inovasi permen ekstrak bawang dayang dari MAN 2 Kebumen maju di ajang internasional di Malaysia. Lalu di tahun 2023 MAN 2 Kebumen meraih juara 1 dalam ajang Krenova Kab. Kebumen dan akan maju ke tingkat provinsi. Di bidang olahraga, POPDA tahun 2023 meraih 61 medali. Atas berbagai prestasi ini, Warsam berharap Bupati berkenan memberikan arahan dan bimbingan untuk kemajuan MAN 2 Kebumen. (An)



Post a Comment

Terimakasih berkenan untuk memberikan komentar pada tulisan ini. Mohon hargai sesama dan gunakan bahasa serta penulisan yang baik dan sopan. Beberapa komentar menunggu moderasi terlebih dahulu untuk dapat ditayangkan secara publik. ... salam hormat!

Lebih baru Lebih lama