PKKM Tahun 2020


Penilaian Kinerja Kepala Madrasah atau PKKM adalah salah satu bentuk penilaian yang dilakukan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia yang difokuskan kepada Kepala Madrasah. Penilaian tidak hanya terfokus pada fisik bangunannya saja, tetapi nampak juga secara administrasi dan keahlian Kepala Madrasah dalam mengelola madrasahnya. Kegiatan PKKM 4 tahunan di MAN 2 Kebumen yang dilaksanakan pada hari Kamis, 22 Oktober 2020 bertepatan dengan hari Santri Nasional


Kedatangan TIM penilai dari Kementerian Agama Jawa Tengah disambut oleh keluarga besar MAN 2 Kebumen dengan acara pembukaan mulai dari sambutan perwakilan Kemenag Kabupaten Kebumen Bapak H. Makruf Widodo, S.Ag., M.Pd dengan mengucapkan selamat hari santri dan dalam penilaian hendaknya dilakukan secara objektif.


Dilanjutkan sambutan dari Kabid Pendidikan Madrasah Bapak Drs. H. A. Syaifulloh, M.Ag dengan memberi motivasi kepada bapak dan ibu guru MAN 2 Kebumen agar bersemangat untuk berlomba-lomba menjadi Kepala Madrasah. Dilanjutkan sambutan dari Kepala Madrasah Aliyah Negeri 2 Kebumen Bapak Drs. H. Wachid Adib, M.Si memberi ucapan selamat datang serta memaparkan prestasi-prestasi selama beliau menjabat di MAN 2 Kebumen.


Proses penilaian berlangsung kurang lebih selama 4 jam. Penilaian terhadap 5 komponen meliputi 4 tugas utama Kepala Madrasah (Usaha pengembangan madrasah, pelaksanaan tugas manajerial, pengembangan kewirausahaan, supervisi guru dan tenaga kependidikan) serta 1 komponen tambahan (hasil kinerja kepala madrasah). Penilaian dilakukan dengan 2 metode, yaitu observasi dokumen dan observasi langsung.


Kegiatan PKKM 4 tahunan di MAN 2 Kebumen berjalan lancar, berkat kerjasama semua komponen madrasah. Semoga MAN 2 Kebumen setelah adanya PKKM ini, menjadi lebih baik lagi dalam administrasi dan pelayanan terhadap peserta didik. (emmi)

Post a Comment

Terimakasih berkenan untuk memberikan komentar pada tulisan ini. Mohon hargai sesama dan gunakan bahasa serta penulisan yang baik dan sopan. Beberapa komentar menunggu moderasi terlebih dahulu untuk dapat ditayangkan secara publik. ... salam hormat!

Lebih baru Lebih lama

Chat Via Whatsapp

(Hanya Pada Jam Kerja)