Brosur PPDB2024

Pentas Seni MATSAMA MAN 2 Kebumen, Ajang Penyaluran Bakat dan Minat Peserta Didik Baru


Diantara tujuan pendidikan adalah menumbuhkan dan menyalurkan bakat dan minat peserta didik. Hal inilah yang dilakukan oleh Panitia Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) MAN 2 Kebumen. Panitia MATSAMA menyelenggarakan pentas seni guna memantau potensi peserta didik, terutama dalam bidang kesenian.


Pentas seni dilaksakan pada Kamis (28/7) di halaman MAN 2 Kebumen. Kegiatan dimulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 14.00 WIB. Dalam kegiatan ini, sebanyak 12 pementasan ditampilkan oleh peserta didik baru kelas X. Pementasan tersebut meliputi: Tari Nusantara dan nyanyi, Drama Simbah Karo Cuap, Menyanyi Tilawah, Drama Musikal Malin Kundang, Dance dan Menyanyi, Drama Andhe-Andhe Lumut, Menyanyi dan Main Gitar, Drama Musikal Penggembala Biri-Biri, Tari Nusantara dan Menyanyi Bendera, Drama Mencontek, dan Tari.



Faiq Dwi Harsanto, S.Pd, Ketua Panitia MATSAMA, menyampaikan bahwa pentas seni adalah ajang pencarian bakat peserta didik baru. “Diadakannya pensi (pentas seni_red) ini untuk mengenali potensi dan bakal peserta didik kelas X. Dari situ nantinya anak bisa dirahkan dan dibina,” tutur Faiq.


Selain itu, lanjut Faiq, pentas seni juga diselenggarakan agar suasana MATSAMA menjadi menyenangkan dan tidak menjenuhkan. “Agar anak tidak jenuh dengan kegiatan di kelas terus. MATSAMA ini kan waktunya lama, jadi biar fresh,” imbuhnya. Untuk pementasan ini, setiap kelompok wajib menampilkan satu pertunjukan. “Tetapi kalau ada yang mau lebih dari satu, ya kita terima. Untuk waktunya maksimal 15 menitan,” pungkas Faiq.


Kegiatan pentas seni merupakan salah satu rangkain agenda MATSAMA MAN 2 Kebumen yang telah berlangsung sejak tanggal 18 Juli 2022, dan akan berakhir pada 29 Juli 2022 (2 minggu). Untuk MATSAMA tahun ini kegiatannya bervariasi, mulai dari kegiatan yang bersifat internal madrasah dan kegiatan eksternal madrasah. Kegiatan internal madrasah meliputi wawasan kemadrasahan, proses belajar mengajar, pengenalan tata tertib madrasah, pengenalan lingkungan madrasah, sosialisasi ekstrakurikuler MAN 2 Kebumen, pentas seni dan lomba yel-yel, hingga bhakti sosial.


Adapun kegiatan eksternal madrasah diantaranya moderasi beragama, budaya tertib lalu-lintas, generasi anti narkoba, wawasan kebangsaan dan baris-berbaris, hingga psikotes. Kegiatan matrikulasi juga dilakukan guna mengetahui dan meningkatkan kemampuan peserta didik baru dalam bidang baca tulis Al-Qur’an, materimatika, bahasa arab, dan bahasa inggris. (Anas)


Post a Comment

Terimakasih berkenan untuk memberikan komentar pada tulisan ini. Mohon hargai sesama dan gunakan bahasa serta penulisan yang baik dan sopan. Beberapa komentar menunggu moderasi terlebih dahulu untuk dapat ditayangkan secara publik. ... salam hormat!

Lebih baru Lebih lama