Brosur PPDB2024

Sambut Tahun Ajaran Baru, MAN 2 Kebumen Gelar Rapat Finalisasi KTSP

MAN 2 Kebumen bersiap menyambut tahun ajaran baru 2022 / 2023. Diantara tahap persiapan tersebut yakni Rapat Finalisasi KTSP. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Jum’at (15/7), pukul 08.00 WIB, bertempat di Aula Asrama MAN 2 Kebumen.


Hj. Siti Robiyatun, S.Pd, M.Pd, Wakil Kepala Bidang Kurikulum, berkesempatan membuka acara tersebut, mewakili Kepala Madrasah yang kebetulan sedang ada agenda lain. Dalam sambutannya, Hj. Robiyatun menyampaikan bahwa Finalisasi KTSP akan dilaksanakan satu hari. “Hari ini sebetulnya kita hanya finalisasi saja, karena sudah didiskusikan sebelumnya. Jadi, satu hari ini akan kita sepakati bersama kurikulum yang berlaku di MAN 2 Kebumen untuk tahun ajaran 2022 / 2023,” tuturnya.


Selain memberi sambutan, Hj. Robiyatun juga memandu proses Finalisasi KTPS tersebut. Beliau memaparkan struktur kurikulum yang akan diberlakukan di MAN 2 Kebumen, mulai dari visi dan misi MAN 2 Kebumen, motto MAN 2 Kebumen, tujuan pembelajaran di MAN 2 Kebumen, hingga Standar Kelulusan di MAN 2 Kebumen. Berbagai masukan dan perbaikan kurikulum pun dilakukan oleh jajaran guru, sehingga menghasilkan kurikulum yang ideal untuk diterapkan di MAN 2 Kebumen tahun ajaran 2022 / 2023.


Turut hadir dalam kegiatan tersebut Drs. H. Fauzi Ma’sum, M.Pd.I, selaku pengawas madrasah. Beliau turut memberikan bimbingan dan pengarahan terkait penyusunan KTPS MAN 2 Kebumen untuk tahun ajaran 2022 / 2023.


“Di MAN ini kita masih menggunakan KTSP. Tetapi substansinya dikombinasikan dengan kurikulum merdeka. Karena sebetulnya kurikulum 13 yang sekarang, kalau kita mengikuti regulasi yang baru, itu sudah mendekati kurikulum merdeka,” papar Fauzi.


Beliau melanjutkan, dalam Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2022 yang merupakan perubahan dari Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021, tertera standar kelulusan pada jenjang Pendidikan menengah yakni penanaman karakter sesuai nilai-nilai Pancasila. SKL ini kata beliau, secara substansi sudah mendekati kurikulum merdeka.


Rapat Finalisasi KTSP tersebut ditutup dengan pengesahan oleh Kepada MAN 2 Kebumen, Drs. Warsam, M.Pd, sekitar pukul 15.19 WIB. Dengan demikian, maka KTSP MAN 2 Kebumen untuk tahun ajaran baru sudah bisa diterapkan.(An)


Post a Comment

Terimakasih berkenan untuk memberikan komentar pada tulisan ini. Mohon hargai sesama dan gunakan bahasa serta penulisan yang baik dan sopan. Beberapa komentar menunggu moderasi terlebih dahulu untuk dapat ditayangkan secara publik. ... salam hormat!

Lebih baru Lebih lama