Tumbuhkan Jiwa Entrepeneur, MAN 2 Kebumen Gelar Marketing dan Catering Day


MAN 2 Kebumen di dalam proses belajar – mengajarnya, tidak hanya fokus pada pengembangan intelektual anak didik, tetapi juga merambah aspek entrepreneur. Salah satu upaya mengasah dan mengembangkan jiwa entrepreneur, selain melalui kegiatan belajar-mengajar di dalam kelas, juga melalui kegiatan di luar kelas, diantaranya adalah kegiatan “Marketing dan Catering Day”. Kegiatan ini dilaksanakan pada Rabu dan Kamis, tanggal 14 & 15 September 2022, dimulai pukul 07.00 WIB sampai pukul 14.00 WIB.


Marketing dan Catering Day adalah kegiatan penjualan dan katering prasmanan produk makanan tradisional hasil kreasi dan inovasi peserta didik MAN 2 kebumen. Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara mata pelajaran tata boga, prakarya dan wirausaha, serta seni budaya. Diadakannya kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan dan mengembangkan jiwa entrepreneur peserta didik MAN 2 Kebumen.


Kepala MAN 2 Kebumen Drs. Warsam, M.Pd menyambut positif atas terselenggaranya Marketing dan Catering Day tersebut. Beliau menegaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan perwujudan dari entrepreneur peserta didik yang merupakan salah satu program madrasah.


“Kegiatan ini sangat bagus karena memunculkan beberapa pendidikan karakter, diantaranya kerjasama, disiplin, serta saling menghormati dan menghargai,” tutur Warsam.



Beliau juga berpesan agar peserta didik terus mengasah kreasi dan inovasi mereka. Ini agar anak didik memiliki bekal yang cukup untuk mengahadapi masa depannya. “Teruslah berkreasi dan berinovasi untuk bekal masa depan yang lebih baik,” pungkasnya.


Berdasarkan informasi dari panitia, kegiatan Marketing dan Catering Day yang bertema ‘Kreasi dan Inovasi Produk Makanan Tradisional, diikuti oleh seluruh peserta didik baik kelas X, XI, maupun XII. Untuk kelas X, tema catering adalah menyajikan makanan kudapan seperti klepon, apem, lupis, dan lainnya; sedangkan untuk marketing / penjualan adalah minuman tradisional nusantara seperti wedang uwuh, ronde, dan lainnya.


Untuk kelas XI, tema catering adalah makanan daerah seperti soto, rawon, dan sebagainya; sedangkan untuk marketing adalah jenis minuman bebas seperti es degan, es boba, es kuwut, dan sebagainya. Adapun untuk kelas XII, cateringnya adalah makanan bebas dengan menu utama nasi; sedangkan marketingnya adalah produk makanan hasil kreasi dan inovasi seperti cake yang diinovasi dengan kentang, ubi-ubian, dan lain-lain. (Anas)


Post a Comment

Terimakasih berkenan untuk memberikan komentar pada tulisan ini. Mohon hargai sesama dan gunakan bahasa serta penulisan yang baik dan sopan. Beberapa komentar menunggu moderasi terlebih dahulu untuk dapat ditayangkan secara publik. ... salam hormat!

Lebih baru Lebih lama