Brosur PPDB2024

MA Se-Kabupaten Kebumen Melaksanakan Bimtek IKM Bersama


Seiring dengan perubahan kurikulum 2013 menuju Kurikulum Merdeka yang akan diberlakukan ajaran baru tahun ini,  beberapa MAN dan MAS sekabupaten Kebumen mengikuti  Bimtek Implementasi Kurikulum Merdeka. Pelasanakan kegiatan dilakukan dibeberapa Madrasah di Kebumen salah satunya di MAN 2 Kebumen yang diikuti oleh 165 peserta, dilaksanakan dari tanggal 28 Januari- 16 Februari 2023.

Bimtek dibuka oleh Kepala Kantor Kemenag Kab. Kebumen, Ibnu Asaduddin disela-sela kesibukannya bertugas di Banjarnegera beliau berpesan secara daring agar madrasah mampu memberikan image yang baik dalam menyambut pelasanaan Kurikulum Merdeka, materi dalam kurikulum merdeka yang dilaksanakan di madrasah memiiiki perbedaan dengan ditambahkan materi religius sesuai karakter madrasah dan guru MA mampu memodifikasi materi , metode pembelajaran mengimplementasikan kurikulum merdeka dengan baik. Hal ini berdasarkan kesiapan masing-masing madrasah sehingga bintek ini menjadi sarana memahami Kurikulum Merdeka yang akan dilaksanakan.

Dilaksanakan  bimtek untuk menguatkan pemahaman tentang konsep dan implementasi Kurikulum Merdeka, menyiapkan MA/MAS sekabupaten untuk mengoptimalkan komunitas belajar yang menguatkan Implementasi Kurikulum Merdeka, dan merancang program tindak lanjut.

Bimbingan teknis ini berisikan materi-materi terkait penguatan implementasi Kurikulum Merdeka seperti Kebijakan Kurikulum Merdeka, Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan, Pembelajaran dan Penilaian pada Kurikulum Merdeka, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Peran Bimbingan dan Konseling dalam Implementasi Kurikulum Merdeka  untuk Mendukung Implementasi Kurikulum Merdeka, Mekanisme Penyediaan Buku Kurikulum Merdeka, dan juga rencana tindak lanjut

Harapannya, kegiatan bimtek ini dapat memberikan manfaat positif bagi pelaksanaan Kurikulum Merdeka , peserta kegiatan bimtek ini bisa mendiseminasikan materi yang telah diterima kepada perangkat-perangkat pendidikan dan memberikan inovasi baru dalam kegiatan pembelajaran di madrasah pungkas Bapak Warsam, selaku kepala MAN 2 Kebumen. (Emmy)

Post a Comment

Terimakasih berkenan untuk memberikan komentar pada tulisan ini. Mohon hargai sesama dan gunakan bahasa serta penulisan yang baik dan sopan. Beberapa komentar menunggu moderasi terlebih dahulu untuk dapat ditayangkan secara publik. ... salam hormat!

Lebih baru Lebih lama