Brosur PPDB2024

Juara III Internasional, Tim Robotik MAN 2 Kebumen Diapresiasi Bupati


Dua Tim Robotik MAN 2 Kebumen berhasil meraih kejuaraan pada ajang Internasional Youth Robot Competition (IYRC) 2023. Pada kompetisi internasional yang diselenggarakan di Johor Bahru, Malaysia, tanggal 3 – 5 Juni 2023 tersebut, perwakilan MAN 2 Kebumen bersaing dengan 10 negara dan berhasil meraih bronze medal untuk kategori juara 3. Mereka mengusung tema robot ramah lingkungan kategori kreatif dan diorama.

Atas pretasi tersebut, berbagai pihak memberikan apresiasi dan dukungan. Terbaru, Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto, turut mengucapkan selamat dan memberikan sambutan positif. Hal ini disampaikannya dalam momen kunjungan Tim Robotik MAN 2 Kebumen beserta rombongan di Pendopo Kabumian, Minggu (18/6/2023). Rombongan yang terdiri dari Kepala MAN 2 Kebumen, Waka Kesiswaan, guru pembimbing, 4 peserta didik anggota tim robotik, didampingi oleh Kepala Kemenag Kebumen, H. Sukarno, sowan Bupati untuk memberikan kabar gembira.


“Kedatangan kami selain silaturahim, juga menginformasikan bahwa peserta didik kami baru saja menjuarai kompetisi robotik internasional di Malaysia. Alhamdulillah 2 tim kami berhasil meraih juara 3, setelah bersaing dengan kurang lebih 10 negara,” tutur Warsam, Kepala MAN 2 Kebumen.

Pada kesempatan tersebut, Warsam juga menjelaskan bahwa pada kontes robot IYRC tersebut, tim robotik MAN 2 Kebumen mengusung tema robot ramah lingkungan dengan kategori kreatif dan diorama. Robot yang diciptakan tersebut merupakan merupakan miniatur atau prototipe pengangkut sampah otomatis. Selanjutnya, konsep robot pintar ini diharapkan bisa dikonversi dalam kehidupan nyata agar memberikan manfaat bagi manusia.


“Kami meminta support dari Bapak Bupati untuk kemajuan anak didik kami, juga agar bisa berkembang lagi dan maju dalam ajang ini yang akan diselenggarakan di Korea,” pungkas Warsam.

Arif Sugiyanto menanggapi positif atas pretasi tersebut. Pihaknya turut berbangga bahwa anak didik madrasah bisa bersaing dengan sekolah lainnya. Ia juga berharap bisa lebih berkembang dengan penemuan-penemuan kreatif dan inovatif.

“Selamat atas kemenangan tersebut, saya memberikan apresiasi setinggi-tingginya. Mudah-mudahan bisa terus ditingkatkan. Apalagi hari ini era serba teknologi. Dibutuhkan inovasi dari berbagai bidang untuk menunjang kehidupan,” tutur Arif. (An)

Post a Comment

Terimakasih berkenan untuk memberikan komentar pada tulisan ini. Mohon hargai sesama dan gunakan bahasa serta penulisan yang baik dan sopan. Beberapa komentar menunggu moderasi terlebih dahulu untuk dapat ditayangkan secara publik. ... salam hormat!

Lebih baru Lebih lama