MAN 2 Kebumen Kembali Raih Prestasi Gemilang dalam Kompetisi Sains (KOSSMI)

 


Kebumen- Dalam sebuah momen yang membanggakan bagi pendidikan Indonesia, MAN 2 Kebumen kembali menorehkan prestasinya di bidang Sains pada kompetisi Sains Siswa Muslim Indonesia (KOSSMI) di FMIPA UGM dengan meraih Silver medal dan Bronze medal (Minggu,26/05/2024).


Para siswa dari berbagai sekolah di seluruh Indonesia telah menunjukkan keunggulan mereka dalam kompetisi Sains Siswa Muslim Indonesia (KOSSMI). Acara bergengsi ini menyaksikan siswa-siswa yang berbakat bersaing dalam berbagai disiplin ilmu. Kompetisi ini tidak hanya tentang kecemerlangan akademis, tetapi juga tentang semangat persaingan  yang sehat. Setiap peserta telah menunjukan dedikasi yang luar biasa dalam persiapannya, dan hasil dapat dilihat dari prestasi gemilang yang mereka raih.


Kepala Madrasah Drs. Warsam,M.Pd menyampaikan rasa syukurnya atas prestasi yang diraih oleh siswa MAN 2 Kebumen yang tidak henti-hentinya terus berjuang hingga mendapatkan hasil yang cukup memuaskan.


“ alhmdullilah, bersyukur sekali lagi dan lagi kepada Allah swt, MAN 2 Kebumen kembali menorehkan prestasinya di bidang akademik KOSSMI terimakasih juga kepada para pembimbing dan seluruh keluarga besar MAN 2 Kebumen yang turut mendoakan hingga anak-anak kita dapat berhasil meraih prestasi” ungkap Warsam


Kompetisi ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas siswa muslim melalui penumbuhkembangan motivasi meraih prestasi, menyediakan ruang bagi siswa muslim baik yang bersekolah di Madrasah, Pesantren, Sekolah umum, dan Homeschooling untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang sains dan matematika.


Pelaksanaan kompetisi dibagi menjadi tiga tahapan dan level yang berbeda. Tahap pertama babak penyisihan, babak kedua babak semifinal dan babak ketiga babak final.  Kompetisi diikuti sebanyak 18 siswa dari enam mapel yang berbeda dan berhasil meloloskan 4 siswa dari MAN 2 Kebumen menuju babak final pada tiga bidang dari enam bidang yang dilombakan yaitu  bidang biologi, ekonomi, dan kimia.


Di antara peserta yang mengikuti kompetisi MAN 2 Kebumen turut memikat hati juri dengan  berhasil meraih Silver Medal dalam kategori Ekonomi atas nama Ida Lathifaturrokhmah. Ida berhasil menunjukkan pemahaman mendalam tentang konsep-konsep Ekonomi dengan mengesankan.


Tidak hanya itu, MAN 2 Kebumen juga berhasil meraih Bronze Medal  dalam kategori Biologi atas nama Qais Zaidan Altaf. Qaiz menunjukan kebolehannya dalam bidang Biologi. Keunggulan mereka dalam pemecahan masalah dan pemikiran analitis mengesankan para juri.

Pembimbing KOSSMI MAN 2 Kebumen, Intan Murninsih,M.Pd. menyampaikan bahwa persaingan pada ajang KOSMI kali ini cukup tinggi di bandingkan dengan tahun sebelumnya. Prestasi yang ditorehkan ini merupakan kerja keras mereka dan antusias yang luar biasa.


“ persaingan semakin lama semakin tinggi. Dari tahun ke tahun semakin banyak peserta yang ikut dari berbagai sekolah/ madrasah di seluruh Indonesia . Alhamdulillah tahun ini masih bisa mendapatkan dua medali” Ujar Intan.

“ikutnya kita di ajang KOSSMI selain menumbuhkan generasi muslim pecinta ilmu, juga bisa menjadi media promosi memperkenalkan MAN 2 Kebumen dikenal masyarakat luas bukan hanya daerah tapi juga nasional” tambahnya.


Untuk membangkitkan kembali kecintaan generasi muda muslim terhadap sains, maka ajang kompetisi Sains Siswa Muslim Indonesia sangat berpengaruh dan bermanfaat bagi para siswa yang tertarik dan berminat bersaing di bidang Sains. (Mn)









Post a Comment

Terimakasih berkenan untuk memberikan komentar pada tulisan ini. Mohon hargai sesama dan gunakan bahasa serta penulisan yang baik dan sopan. Beberapa komentar menunggu moderasi terlebih dahulu untuk dapat ditayangkan secara publik. ... salam hormat!

Lebih baru Lebih lama