MAN 2 Kebumen Raih Prestasi Gemilang di Kejuaraan Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional

 

Kebumen, 28 Mei 2024 – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kebumen kembali mengukir prestasi gemilang di kancah nasional. Tim riset dari MAN 2 Kebumen berhasil meraih juara kedua dalam Kejuaraan Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional yang diadakan di Yogyakarta tepatnya di kampus UII pada 27 Mei 2024 lalu. Ajang bergengsi ini diikuti oleh berbagai Madrasah/Sekolah dari seluruh Indonesia, menampilkan karya-karya ilmiah inovatif dari para pelajar berbakat.

 

Tim MAN 2 Kebumen, mengirimkan dua tim riset dalam ajang kometisi ini yaitu tim Sahereh dan tim V Molifera. Tim Sahereh MAN 2 Kebumen berhasil meraih juara 2 pada ajang ini dan berhasil memperoleh penghargaan bergengsi, yang terdiri dari tiga siswa yaitu , Sekar Firasti Rifadah, Nayla Ramadanti dan Azalea Shinjileta Jacinsa, mengusung judul penelitian "Sabun Herbal Sereh dari Limbah Minyak Jelantah Tersubstitusi Ekstrak Sereh (Cymbopogon Nardus) untuk Mengatasi Penyakit Kulit Santri Pondok Pesantren". Karya tulis ilmiah ini mendapat apresiasi tinggi dari dewan juri karena inovasinya yang memadukan minyak jelantah yang sudah tidak terpakai dengan ekstrak sereh wangi yang tersubstitusi, sehingga memberikan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan menarik bagi siswa.

 

Kejuaraan Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional ini bermula dari seleksi proposal yang diikuti oleh 108 peserta yang berasal dari pulau-pulau di Indonesia, yaitu Sumatera, Jawa, Kalimantan dan Maluku. Dari ratusan peserta hanya di ambil sepuluh besar untuk menjadi finalis yang dapat melanjutkan ke tahap selanjutnya yaitu di tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Jurusan Teknik Kimia Universitas Islam Indonesia . Kompetisi ini bertujuan  untuk mendorong inovasi, kreativitas, dan kemampuan berpikir kritis di kalangan pelajar. Ajang ini menjadi platform bagi para siswa untuk menunjukkan ide-ide kreatif dan solusi inovatif dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan, pangan, dan kesehatan.

 

Pembimbing tim, Hestin Wirasti,M.Pd. mengungkapkan rasa syukur dan bangganya atas prestasi yang diraih. "saya selaku guru pembimbing sangat bangga dengan keberhasilan mereka. Teruslah berinovasi jangan mudah puas dengan apa yang diperoleh sekarang dan tetaplah rendah hati dan berprestasi untuk manda tercinta ini," ujarnya.

 

Kepala MAN 2 Kebumen, Drs.Warsam,M.Pd. turut menyampaikan ucapan selamat dan apresiasinya. "Kami sangat bangga dengan pencapaian ini. Keberhasilan ini bukan hanya milik para siswa dan pembimbing, tetapi juga seluruh keluarga besar MAN 2 Kebumen. Kami berkomitmen untuk terus mendukung dan memfasilitasi pengembangan potensi siswa di bidang akademik dan non-akademik," kata Warsam.


Dengan pencapaian ini, MAN 2 Kebumen semakin memperkokoh posisinya sebagai salah satu madrasah unggulan di Indonesia yang mampu bersaing di tingkat nasional. Prestasi ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi seluruh siswa dan siswi MAN 2 Kebumen serta pelajar lainnya untuk terus berprestasi dan berinovasi demi masa depan yang lebih baik.(Mn)


Post a Comment

Terimakasih berkenan untuk memberikan komentar pada tulisan ini. Mohon hargai sesama dan gunakan bahasa serta penulisan yang baik dan sopan. Beberapa komentar menunggu moderasi terlebih dahulu untuk dapat ditayangkan secara publik. ... salam hormat!

Lebih baru Lebih lama